SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana bawah air menggunakan perlengkapan Ponggok Walker di Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Minggu (26/12/2021). (Istimewa/Dokumentasi Umbul Ponggok)

Solopos.com, KLATEN — Kawasan wisata Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, selama ini terkenal dengan umbulnya yang menawarkan sensasi berenang dan snorkeling dengan ikan-ikan cantik warna-warni.

Namun, daya tarik Ponggok tidak hanya itu. Ada sekitar lima objek wisata andalan lain yang bisa dikunjungi selama berwisata di desa wisata tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Destinasi wisata itu ada yang dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa Tirta Mandiri Ponggok dan ada juga yang dikelola oleh perorangan (swasta).

Dihimpun Solopos.com, berikut objek wisata selain umbul yang bisa dikunjungi wisatawan di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten:

1. The Honduras

The Honduras Ponggok berlokasi di Jalan Raya Area Kebun/Sawah, Ponggok, Polanharjo, Klaten. Akun Instagram @thehondurasid menginformasikan objek wisata ini secara resmi dibuka pada 28 Juli 2023.

Dari foto-foto 3D yang diunggah di akun Instagram @thehondurasid, objek wisata ini menawarkan sensasi layaknya di negara tropis dengan pantai yang bersih dan indah serta pohon-pohon kelapa yang daunnya melambai tertiup angin.

Objek wisata di Ponggok, Klaten, ini menyajikan berbagai fasilitas seperti kolam yang menyerupai pola aliran sungai, beberapa tempat duduk untuk bersantai berupa gazebo yang dihias menyerupai sangkar burung dan tempat duduk melingkar tanpa atap.

wisata ponggok klaten objek
Gambar 3D objek wisata baru The Honduras di Ponggok, Polanharjo, Klaten, yang akan dibuka pada 28 Juli 2023. (Instagram @thehondurasid)

Kemudian tersedia pula musala, toilet, dan food court. Selain itu The Honduras juga menawarkan wahana bermain virtual reality yang seru untuk dicoba.

Spot-spot menarik yang dapat menjadi ciri khas objek wisata The Honduras yaitu bangunan seperti menara atau mercusuar berwarna merah, putih, kuning.

2. Soko Alas

Objek wisata Soko Alas Ponggok, Polanharjo, Klaten, mulai dibuka pada Selasa (20/12/2022). Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati wahana megah dengan pemandangan sawah dan embung yang luas.

Menurut informasi di akun Instagram @wahanasokoalas, harga tiket masuk Soko Alas berbeda saat weekday dan weekend atau libur nasional. Saat weekday, harga tiket Rp10.000 per orang. Sedangkan saat weekend dan libur nasional Rp15.000 per orang.

Membawa Nuansa Bali dan Thailand

Ada berbagai wahana di kawasan itu, seperti kolam ikan, kolam renang anak, serta kolam renang dewasa dengan kursi malas dilengkapi peneduh dari anyaman bambu. Terdapat pula embung yang di tepiannya dilengkapi dengan kursi serta beberapa payung jerami.

“Kalau masuk ke sini suasananya seperti ala-ala di Bali atau Thailand,” kata Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, Jumat (23/12/2022).

Soko Alas Ponggok Klaten desa terkaya indonesia objek wisata ponggok klaten
Suasana kawasan Soko Alas Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Selasa (20/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Selain spot bersantai dan kolam renang, ada kafe hingga resto di tempat itu. Tempat menyantap sajiannya pun dibikin estetik, salah satunya dilengkapi tirai berbahan potongan kayu. Salah satu kuliner yang disajikan yakni nasi lemak.

3. Umbul Sigedang

Objek wisata Umbul Sigedang berlokasi di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten. Umbul ini memiliki kolam tidak terlalu dalam dan air yang jernih.

Selain itu ada pohon beringin besar yang tumbuh di tepi mata air sehingga membuat lokasi menjadi teduh dan adem. Akar dari pohon beringin itu menjalar di sekitar kolam.

Di dalam kolam juga terdapat ikan sehingga menambah nuansa alami dari Umbul Sigedang. Tak jarang, wisatawan berfoto di dalam air bersama ikan.

Terdapat beberapa fasilitas di umbul ini, antara lain kamar ganti, toko, musala, dan tempat parkir. Harga tiket masuk Umbul Sigedang hanya Rp8.000 saja seperti dilansir dari akun Instagram Umbul Sigedang Kapilaler @umbul.sigedang. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

4. Umbul Besuki

Umbul Besuki berlokasi di Dukuh Kiringan, Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten. Pemandangan di objek wisata di Ponggok, Klaten, ini masih asri dan teduh karena banyak pepohonan. Di samping itu terdapat sawah dan sungai yang membuat pengunjung nyaman untuk melepas penat.

umbul klaten objek wisata ponggok
Pengunjung berenang di Umbul Besuki, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Selasa (5/9/2021). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Mengutip klatenkab.go.id, Umbul Besuki mempunyai beberapa kolam. Satu kolam besar untuk dewasa memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter, tiga kolam untuk anak-anak, serta ada kolam untuk terapi ikan.

Di Umbul Besuki juga menyediakan pendapa yang digunakan untuk pertemuan, outbound, serta camping. Tiket masuk dibanderol seharga Rp5.000. Biaya parkir seharga Rp2.000.

Fasilitas yang ada di Umbul Besuki juga sudah memadai. Hal itu seperti area parkir, gazebo, tempat makan, musala, dan toilet.

5. Water Gong

Objek wisata air di perbatasan Desa Ponggok dengan Desa Karanglo, Polanharjo, Klaten, ini sempat viral sekitar 2020 lalu. Sang pemilik, Margono Bagong, berhasil mengubah Sungai Gejikan yang dulunya tak terawat dan kotor menjadi wahana wisata yang unik dan menarik.

Air sungai itu dibersihkan dan Margono menebar benih ikan nila merah sebanyak 1 ton dan ikan koi sebanyak 200 ekor. Pengunjung bisa melihat ikan-ikan itu berenang di air tak ubahnya kolam ikan.



objek wisata ponggok klaten
Wahana wisata air Water Gong di perbatasan Desa Ponggok dan Desa Karanglo, Polanharjo, Klaten. (Instagram @rm_watergong)

Di objek wisata ini tersedia juga restoran dengan berbagai menu ikan dengan harga terjangkau mulai dari Rp15.000 sampai Rp70.000 per porsi.

Wahana VW Tour

Umbul Ponggok dan semua objek wisata itu kini bisa dikunjungi dengan paket wisata VW Tour  Safari yang dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa Tirta Mandiri Ponggok, Klaten. Tersedia paket short trip, medium trip, hingga long trip.

Durasi perjalanannya bervariasi mulai dari dua jam hingga empat jam. Tarif short trip ditetapkan senilai Rp399.999 per unit mobil VW dengan kapasitas maksimal empat orang.

Dengan paket ini, pengunjung akan diajak berkeliling naik VW Tour ke perdesaan di Ponggok, Klaten, dan sekitarnya serta mengunjungi empat destinasi pilihan plus spot foto. Durasi perjalanan sekitar dua jam.

Tarif medium trip Rp549.999 per unit mobil VW dengan kapasitas maksimal empat orang. Paket ini mengajak pengunjung berkeliling area perdesaan di kawasan objek wisata Ponggok, Klaten, dan sekitarnya.

Selain itu juga mengunjungi lima destinasi wisata pilihan plus spot foto serta reguler lunch (makan siang reguler). Durasi perjalanan sekitar tiga jam.

Tarif long trip ditetapkan Rp699.999 per unit mobil VW dengan kapasitas maksimal empat orang. Pengunjung diajak keliling area perdesaan di Ponggok dan sekitarnya serta mengunjungi enam destinasi wisata pilihan plus spot foto serta special lunch.

Durasi perjalanan keliling naik VW tour untuk long trip di Ponggok, Klaten, sekitar empat jam. “Tarif itu sudah termasuk free masuk destinasi wisata yang dikunjungi,” kata Kepala Divisi Wisata Berdesa BUM Desa Tirta Mandiri Ponggok, Suyantoko, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (19/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya