SOLOPOS.COM - Kondisi jalan Ngargoyoso-Kerjo rusak parah pada Senin (8/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan di kawasan wisata Ngargoyoso hingga Batu Jamus, Kecamatan Kerjo, tak tersentuh proyek tambal sulam jalan yang dikerjakan Pemkab Karanganyar menyambut arus Lebaran.

Jalan di sana kondisinya dibiarkan rusak parah. Selain berlubang, jalan juga bergelombang sehingga membahayakan pengguna jalan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Senin (8/4/2024), kerusakan jalan mulai terjadi dari simpang tiga Kemuning hingga sekitar kantor Kecamatan Ngargoyoso. Jalan berlubang dan bergelombang. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melintasinya. Mobil maupun truk yang melintas akan bergoyang-goyang saat melintasi jalan rusak tersebut.

Kondisi ini sangat kontras dengan jalan Sudimoro-Ngargoyoso. Jalan yang sebelumnya rusak berat dan bergelombang telah diperbaiki Pemkab Karanganyar dengan tambal sulam. Perbaikan dikerjakan sebelum Lebaran.

Warga Ngargoyoso, Yono, 40, mengeluhkan jalan Ngargoyoso-Batu Jamus yang tidak masuk perbaikan sementara Pemkab Karanganyar menyambut arus Lebaran.  Padahal jalan tersebut menuju kawasan wisata Ngargoyoso dari arah Baju Jamus, Kerjo.

“Kerusakan parah di depan kantor Kecamatan sampai simpang tiga Kemuning. Jalannya rusak berat, dan tidak ditambal sama sekali,” katanya.

Mestinya, akses kawasan wisata menjadi skala prioritas pengerjaan. Apalagi musim libur Lebaran, banyak pemudik yang berkunjung ke objek wisata di Ngargoyoso. “Aneh di Sudimoro jalan diperbaiki, di sini dibiarkan rusak. Padahal sama-sama jalur wisata,” katanya.

Dia berharap pengguna jalan mewaspadai jalan yang rusak. Terutama sepeda motor untuk ekstra hati-hati saat melintas di jalan berlubang dan bergelombang.

Warga lain, Basuki juga mengeluhkan jalan rusak Ngargoyoso-Batu Jamus. Dia setiap hari melintasi jalan tersebut. Dia miris dengan jalan di kawasan wisata Ngargoyoso yang tak kunjung diperbaiki.

“Harusnya diperbaiki. Minimal di tambal dulu lah. Ini rusak berat,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Pemkab Karanganyar mengebut perbaikan jalan menjelang Lebaran. Pemkab memastikan kondisi jalan aman dan nyaman dilalui saat arus mudik Lebaran.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar mengerahkan tim sapu lubang untuk menambal sulam jalan berlubang.

Tambal sulam jalan dikerjakan untuk memperlancar arus mudik dan balik pada Lebaran nanti. Kabid Bina Marga DPUPR Karanganyar, Sutopo mengatakan tambal sulam jalan rampung sebelum H-7 Lebaran.

“Jadi harapannya pemudik aman pulang ke Karanganyar. Jalan-jalan utama yang dilalui pemudik sudah baik [tidak ada jalan berlubang],” kata Sutopo ketika dihubungi Solopos.com, Rabu (20/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya