SOLOPOS.COM - Peserta aksi damai bela Palestina di Alun-alun Klaten berdoa untuk keselamatan warga Palestina yang sedang berkonflik dengan Israel, Jumat (24/11/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Donasi yang terkumpul dari aksi damai bela Palestina di Alun-alun Klaten, Jumat (24/11/2023), terus bertambah. Beberapa saat setelah acara selesai donasi yang terkumpul baru sekitar Rp420 juta.

Namun pada Jumat malam, panitia menginformasikan donasi tersebut telah menembus setengah miliar rupiah. Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com dari panitia, total donasi yang terkumpul dari aksi itu berdasarkan laporan sementara hingga Jumat pukul 18.50 WIB mencapai Rp555.655.882.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Panitia memastikan 100 persen donasi disalurkan untuk Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten. Sementara itu, semua dana operasional pelaksanaan aksi berasal dari sumbangan panitia.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi damai bela Palestina di Alun-alun Klaten yang digelar Jumat selepas Salat Jumat diikuti hampir 10.000 orang. Sepanjang kegiatan berlangsung, bendera Palestina dan Merah-Putih berkibar di antara peserta aksi.

Di tengah acara, ada pembentangan bendera Palestina dan Indonesia yang berukuran raksasa. Aksi itu diawali dengan orasi para tokoh dari Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, alim ulama dari pimpinan pondok pesantren di Klaten.

Selain itu, ada sambutan dari Bupati Klaten yang diwakili Kabag Kesra Setda Klaten, Ardani. Aksi itu digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten bekerja sama dengan Forum Komunikasi Komunitas Muslim Klaten (Muslim Bersinar).

Tujuannya sebagai bentuk dukungan kepada Palestina dan mengutuk kekejaman Israel. Sejak agresi Israel pada 7 Oktober hingga 21 November, tercatat 14.128 orang di Gaza meninggal dunia.

Para korban mayoritas orang-orang yang tidak terlibat dalam perang seperti anak-anak, perempuan, jurnalis, dokter, dan sebagainya. Awalnya, cuaca di lokasi aksi damai bela Palestina di Klaten itu panas terik.

Menjelang akhir acara yang diisi dengan doa dan Salat Gaib di alun-alun, hujan deras mengguyur. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat ribuan peserta yang tetap mengikuti kegiatan hingga akhir acara.

Koordinator acara, Rio Akbar, mengatakan dari kegiatan itu ada penggalangan donasi secara online maupun offline. Dana yang terkumpul seluruhnya disalurkan ke Palestina melalui Baznas Klaten.

“Harapan kami perang di Gaza segera selesai dan suasana segera damai dan kondusif,” kata Rio saat ditemui wartawan di sela kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya