SOLOPOS.COM - Tim Pemadam Kebakaran Wonogiri bekerja memadamkan api yang membakar dapur rumah warga di Kelurahan Wonoboyo, Wonogiri, Rabu (27/9/2023). (Istimewa/Damkar Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Dapur rumah milik warga Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri hangus terbakar api pada Rabu (27/9/2023). 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri, Joko Santoso, mengatakan kebakaran dapur itu terjadi di rumah milik Budiyono di Kelurahan Wonoboyo. Kebakaran bermula ketika istri Budiono pemilik tengah merebus air di dapur menggunakan kayu bakar. Tetapi sang istri meninggalkan dapur itu sebelum air matang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kemungkinan ada angin lumayan kencang masuk ke dapur. Terus apinya menyambar plastik dan kayu di sekitarnya. Akhirnya api berkobar membakar dapur,” kata Joko kepada Solopos.com, Kamis (28/9/2023).

Dia menerangkan dapur rumah itu belum bertembok, melainkan terbuat dari kayu dan bambu sehingga mudah terbakar. Pada kejadian itu, tidak semua bagian dapur terbakar karena kebakaran itu segera diketahui tetangga korban. 

“Tetangganya itu mencium bau api dan mendengar bunyi ledakan kecil dari bambu yang terbakar,” ucap dia.

Mengetahui hal tersebut, tetangga tersebut lekas memberitahu pemilik rumah dan warga lain untuk memadamkan api yang telah membakar sejumlah bagian dapur. Damkar Wonogiri menerima laporan kebakaran itu pada pukul 08.15 WIB dan sampai di lokasi pukul 08.25 WIB. 

“Sekitar pukul 09.00 WIB pemadam api yang dibantu warga setempat sudah selesai. Bagian atap dapur dan sebagian dinding rusak karena terbakar. Tidak ada korban jiwa,” imbuh dia.

Menurut Joko kejadian kebakaran yang timbul karena kelalaian pemilik rumah ketika memasak di dapur ini bukan kali pertama di Wonogiri. Hal itu sudah terjadi berulang kali. 

Maka dari itu dia mengimbau warga agar berhati-hati saat memasak di dapur. Jangan sampai meninggalkan dapur dalam keadaan api sedang menyala. Sebab, dengan kondisi panas dan angin kencang seperti sekarang ini sangat mudah terjadi kebakaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya