SOLOPOS.COM - Parwanto kembali terpilih sebagai Ketua KONI Klaten saat digelar Musorkab, Sabtu (24/6/2023). (Istimewa/KONI Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Klaten periode 2019-2023, Parwanto, terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Klaten periode 2023-2027.

Parwanto terpilih pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) di Gedung Saroga KONI Klaten, Sabtu (24/6/2023). Kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pemilihan disaksikan langsung Wakil Ketua I KONI Jateng Bidang Organisasi, Uen Hartiwan, dan Wakil Ketua II Bidang Organisasi S Ismu Puruhito, serta Dewan kehormatan KONI Klaten, Otto Saksono dan Djoko Sutrisno.

Sri Nugroho saat menyampaikan sambutan Bupati berharap agar KONI Kabupaten Klaten di bawah kepemimpinan Parwanto sebagai ketua mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi yang berjiwa Pancasila. Setelah Musorkab berhasil memilih ketua baru, maka Ketua KONI terpilih harus segera menyusun pengurus baru dan program kerja.

“Pelaksanaan Musorkab KONI Klaten tidak hanya diselenggarakan untuk kepentingan organisasi. Siapa pun yang terpilih agar dapat membawa KONI lebih baik, mencetak atlet berprestasi serta memajukan olahraga di Klaten,’’ kata Sri Nugroho berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari KONI Klaten.

Wakil Ketua II Bidang Organisasi KONI Jateng Uen Hartiwan mengatakan semua tahapan Musorkab harus dilaksanakan dengan baik, agar jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan terjadi kemudian.

‘’Karena dalam Musorkab ini calonnya tunggal, maka bisa terpilih secara aklamasi. Nantinya, tim formatur yang ditunjuk segera menyusun kepengurusan. Lebih cepat terbentuk, lebih cepat dilantik,’’ kata Uen Hartiwan.

Dia pun menyampaikan harapnya agar Ketua Umum KONI Klaten terpilih bisa membawa KONI Kabupaten Klaten maju dan berkembang, serta bisa meningkatkan ranking Klaten di Porprov Jateng 2023 mendatang.

Didukung Pengurus 36 Cabang Olahraga

Sementara itu, Parwanto mendapatkan dukungan dari 36 cabang olahraga dari 42 cabang olahraga anggota KONI yang masih aktif. Musorkab dihadiri 40 cabang olahraga, hanya dua pengurus cabor yang tidak datang yakni Perbasi dan Pergatsi.

“Alhamdulillah, Ketua Umum KONI Klaten periode 2019-2023 Parwanto kembali terpilih menjadi Ketua Umum KONI Klaten periode 2023-2027 secara aklamasi,’’ ujar Tarmuji yang bertindak selaku pimpinan sidang Musorkab.

Sebelumnya, seluruh peserta Musorkab menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban (LPj) Ketua Umum KONI Klaten 2019-2023 secara aklamasi. Setelah pengesahkan LPj, pengurus KONI 2019-2023 dinyatakan demisioner.

Kemudian, Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Klaten Suyanto menyampaikan hasil kerja tim. Hingga penutupan pendaftaran calon ketua KONI, hanya ada satu calon yang mendaftar yakni Parwanto.

“Hanya ada satu calon yang mendaftar yakni Bapak Parwanto yang mengantongi dukungan dari 36 cabor anggota KONI Klaten. Setelah dilakukan verifikasi oleh tim penjaringan dan penyaringan, dia dinyatakan sudah melengkapi semau persyaratan,’’ ujar Suyanto.

Tak perlu waktu lama, Musorkab berhasil memilih ketua baru. Selanjutnya dilakukan penyerahan berita acara hasil Musorkab dari pimpinan sidang Tarmuji kepada Parwanto selaku Ketua Umum terpilih KONI Klaten.

Musorkab juga menyepakati pembentukan tim Formatur yang terdiri atas Ketua terpilih Parwanto, Tarmuji, dan perwakilan cabang olahraga yang ditunjuk yakni Ketua POSI Klaten Pandu Wirabangsa.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Musorkab berjalan dengan lancar. Saya mohon dukungan semua pihak agar bisa mengembang amanah dan kepercayaan menjadi Ketua KONI 2023-2027 dengan baik,’’ kata Parwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya