SOLOPOS.COM - Ratusan pelajar SMA Negeri Kerjo mengikuti kegiatan Rolasan#7 yang digelar Disarpus Karanganyar di aula sekolah setempat pada Kamis (5/10/2023). (Istimewa/Disarpus Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Roadshow Literasi Anak Karanganyar (Rolasan) kembali berjalan. Selepas di SMK Negeri Jenawi, kegiatan inovasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar ini digelar di SMA Negeri Kerjo pada Kamis (5/10/2023).

Sebanyak 500 siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut. Disarpus menginiasi Rolasan #7 sebagai upaya meningkatkan budaya gemar membaca kalangan pelajar di Kabupaten Karanganyar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penampilan tari tembang Ganong membuka kegiatan Rolasan. Dilanjutkan dengan berbagai acara seperti pentas seni dari masing-masing kelas, serunya perpustakaan keliling (Seruling) melalui membaca buku bersama. Di lokasi, Disarpus juga menyiagakan dua mobil perpustakaan keliling di lokasi.

Para siswa menyerbu perpustakaan keliling tersebut. Mereka antusias membaca buku koleksi milik Perpustakaan Karanganyar. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan talkshow dengan tema Memiliki Personal Branding oleh Muhammad Abdunnaim Alghifari, penyiar radio Solopos FM.

Kabid Perpustakaan Disarpus Karanganyar, Kamto, mengatakan Rolasan menjadi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk meningkatkan budaya literasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007. Di mana Pemerintah Daerah (Pemda) berkewajiban menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan masyarakat membaca, masyarakat belajar dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan tentu meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan.

“Kegiatan ini kami kemas semenarik mungkin akan siswa mau dan gemar membaca,” kata dia.

Dia mengatakan kegiatan Rolasan ini cukup efektif dalam meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar. Rolasan ini telah berjalan sebanyak enam kali dimulai di SD N 2 Papahan, SD N 1 Papahan, MI Muhammadiyah Karanganyar, SMA Negeri Kebakkaramat, SMP N 1 Karanganyar dan SMK N Jenawi. Kemudian Rolasan#7 digelar di SMA N Kerjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya