SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien menjalani rawat inap di rumah sakit. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN – Puput Erna, 34, tenaga kerja wanita atau TKW asal Klaten yang sebelumnya sakit dan kritis di RS Al Qassimi Dubai, Uni Emirat Arab, akhirnya bisa pulang ke Tanah Air. Kini, Puput sudah berada di Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan dari informasi yang dia peroleh, Puput tiba di Jakarta pada Minggu (26/5/2024) malam. Pemulangan Puput difasilitasi Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Jajang menjelaskan Pemkab Klaten masih terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi terkait tindak lanjut pendampingan kepada Puput.

“Prinsipnya kami mengambil langkah kalau sudah kembali ke Klaten, kira-kira yang dibutuhkan pendampingan seperti apa. Apakah pengobatan sudah di-back up dengan KIS [Kartu Indonesia sehat] dan sebagainya,” kata Jajang saat ditemui Solopos.com di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (27/5/2024).

Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten, Setyanto Nugroho, menjelaskan Puput tiba di Tanah Air pada Minggu sore. Oleh BP3MI, Puput langsung diserahkan ke keluarga yang menjemput langsung di Bandara Soekarno-Hatta.

“Untuk sementara ditangani serta dipantau oleh BP3MI,” kata Nugroho. Ia menambahkan saat ini Puput berada di rumah kakaknya di Bogor. Puput dijemput langsung oleh ayahnya.

Nugroho menjelaskan kewenangan pemulangan serta pemantauan kondisi Puput saat ini masih berada di BP3MI. “Kami memfasilitasi saja sesuai tugas kami untuk berkomunikasi dengan instansi terkait,” jelas Nugroho.

Sementara kakak Puput, Lidia, membenarkan saat ini adiknya sudah berada di Indonesia dan sementara tinggal di rumah Lidia di Bogor. “Saat ini masih berada di Bogor karena tidak memungkinkan kalau harus langsung ke Klaten. Kondisi badan adik saya masih kurang kuat kalau harus lanjut ke Klaten,” kata Lidia.

Diberitakan sebelumnya, seorang pekerja migran asal Klaten dikabarkan kritis dan dirawat di rumah sakit di Dubai, Uni Emirat Arab. TKW itu mengalami kesulitan biaya pemulangan.

TKW itu bernama Puput Erna, 34, berasal dari Kampung Tegal Blateran, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah. Puput sudah berada di Dubai sejak 2021.

Kabar nasib pilu perempuan TKW tersebut dibagikan melalui akun Instagram @kabar_klaten. “TKW asal Klaten kritis di RS Al Qassimi Hospital Dubai. Keluarga perlu banyak biaya untuk memulangkan ke tanah air,” tulis keterangan pada unggahan foto di akun Instagram @kabar_klaten disertai alamat akun penggalangan dana melalui kitabisa.com.

Ayah Puput, Sutikno, 66, saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Sabtu (11/5/2024), membenarkan TKW yang kondisinya kritis dan membutuhkan biaya untuk pulang merupakan putrinya. Puput berangkat ke Dubai ketika pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

Kabar soal kondisi Puput yang kritis dan dirawat di rumah sakit diterima Sutikno dan keluarga dari temannya di Dubai. Sutikno berharap putrinya segera sembuh dan dibantu pemulangan ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya