SOLOPOS.COM - Kondisi jalur tol fungsional Solo-Jogja pada Kamis (21/12/2023) atau H-1 jelang dibuka untuk arus mudik libur Nataru, Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pembangunan tol Solo-Jogja Seksi 1.1 sepanjang 22 kilometer dari Kartasura hingga Klaten ditargetkan kelar pada pertengahan 2024.

Pimpinan Proyek (Pimpro) PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Ahdal Masruhin, mengatakan progres proyek tol Solo-Jogja paket 1.1 sudah mencapai sekitar 78% hingga pekan pertengahan Desember 2023. Kemudian untuk ruas Klaten-Purwomartani sudah mencapai 22% pada awal Desember 2023.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami targetkan operasional [paket 1.1] pada Juli, Agustus, atau September 2024. Kami kan ada uji laik juga, sekitar 1-2 bulan,” kata dia kepada wartawan di entrance tol fungsional Solo-Jogja, Banyudono, Boyolali, Kamis (21/12/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pembangunan tol Solo-Jogja paket 1.1 dari Kartasura-Klaten selama tidak mengalami kendala. Sedangkan untuk paket 1.2 masih perlu adanya pembebasan lahan.

Sebelumnya diberitakan, Direktur PT JMJ, Suchandra P Hutabarat, menyampaikan total pembangunan tol Solo-Jogja ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer telah rampung sekitar 80%. Kemudian, pembangunan fisik dari Klaten hingga Purwomartani telah mencapai 30%.

Selanjutnya, berdasarkan evaluasi dan perhitungan kemampuan kapasitas kerja, Suchandra menyampaikan tol Solo-Jogja ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22 km itu diperkirakan rampung pada Juni atau Juli 2024.

Dengan begitu, kemungkinan tol Solo-Jogja ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22 km akan rampung setelah Lebaran 2024. Suchandra menyampaikan besar kemungkinan saat Lebaran 2024, tol Solo-Jogja bakal dibuka secara fungsional namun dengan jarak yang lebih panjang.

“Kami juga akan berupaya untuk bisa melayani masyarakat saat Lebaran dengan menyediakan jalur fungsional lagi. Kami akan berupaya bisa menambah beberapa kilometer lagi untuk bisa melayani masyarakat saat Lebaran,” tutur dia.

Ia menyampaikan saat ini sedang proses membuat timbunan dan nantinya bisa mencapai perkerasan hingga 19 kilometer. “Itu kami pakai target pesimistis untuk yang 19 kilometer. Mudah-mudahan sih bisa sampai Klaten saat fungsional Lebaran [2024],” harap dia.

Sebelumnya diberitakan, pekerjaan pembangunan jalan tol Solo-Jogja tetap berjalan meski jalur tol sepanjang 13 km bakal dibuka secara fungsional saat libur Nataru mulai Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024).

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Suchandra Hutabarat, menyampaikan saat arus mudik atau dari arah Kartasura ke Karanganom, jalur mudik akan bersih.

“Tidak ada pekerjaan sama sekali di jalur mudik. Tidak ada giat, tidak ada alat, tidak ada manusia yang bekerja. Nah, nanti sementara kami akan ada pekerjaan untuk merapikan di jalur sebelahnya yang akan dipakai untuk arus balik,” terang dia, Rabu (20/12/2023).

Selanjutnya, selama saat arus balik, Senin-Rabu (1-3/1/2024), giliran tidak ada pengerjaan di jalur tol fungsional Solo-Jogja arah Karanganom, Klaten, ke Kartasura. Pekerjaan dialihkan ke jalur sebaliknya atau arah Kartasura ke Karanganom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya