SOLOPOS.COM - Umbul Susuhan Klaten. (Istimewa/Instagram @kabarklaten)

Solopos.com, KLATEN–Umbul Susuhan di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen tutup hingga Sabtu (17/2/2024). Destinasi wisata air itu bakal buka lagi pada Minggu (18/2/2024).

Penutupan umbul yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Mahanani Desa Manjungan itu dilakukan sejak Rabu (14/2/2024) bersamaan dengan hari pemungutan suara Pemilu 2024. Penutupan itu dilakukan untuk perawatan kolam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Direktur BUM Desa Mahanani, Affan Fauzan Pahlawi, menjelaskan awalnya rencana penutupan hanya sampai Jumat (16/2/2024).

“Berhubung hari ini masih ada renovasi perawatan kolam, penutupan diundurkan satu hari dan Umbul Susuhan buka lagi pada Minggu [18/2/2024],” kata Affan saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Mulai Minggu, umbul yang berlokasi di tepi jalan raya Klaten-Jatinom tersebut buka lagi seperti biasa. Sebagai informasi, Umbul Susuhan buka saban hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 17.00 WIB. “Tiket masuk Rp10.000 dan untuk anak berumur di bawah lima tahun gratis,” kata Affan.

Umbul Susuhan menjadi salah satu destinasi wisata air populer di Klaten yang didatangi pengunjung dari berbagai daerah. Salah satu keunikan umbul itu yakni memiliki fasilitas kolam renang khusus wanita.

Fasilitas yang ada di destinasi wisata air itu sangat lengkap. Pengunjung bisa berenang di kolam sumber atau kolam alami berlantai pasir dan bebatuan. Kedalaman kolam itu antara 1,5 meter hingga 2 meter.

Ada kolam dewasa yang cukup luas dengan ukuran 10 meter x 40 meter dengan kedalaman 2,5 meter. Kolam khusus wanita yang menjadi keunikan umbul itu memiliki kedalaman bervariasi yakni 80 sentimeter, 120 sentimeter, dan 160 sentimeter. Sesuai namanya, kolam yang dikelilingi tembok itu hanya bisa digunakan Kaum Hawa.

Ada pula kolam anak dengan kedalaman dari 30 sentimeter hingga 100 sentimeter. Ada kolam keceh yang bisa digunakan untuk tempat bermain mencari ikan berukuran kecil.

Fasilitas lain di Umbul Susuhan yakni gazebo, musala, kantin, pedagang kaki lima dengan aneka jajanan anak-anak, kamar ganti, ruang tunggu, Wifi gratis, serta aula berukuran 36 meter x 8 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya