SOLOPOS.COM - Seekor ular lari angon berukuran kecil berhasil dievakuasi tim Damkar di dalam motor Honda Beat milik warga di Mako Damkar Satpol PP Sragen, Senin (4/12/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen mengevakuasi ular yang bersembunyi di rongga rangka motor Honda Beat keluaran 2023 di Mako Damkar Sragen, Senin (4/12/2023). Kejadian ular masuk motor tersebut merupakan kasus keempat yang ditangani tim Damkar selama setahun terakhir.

Tim Damkar tak hanya menangani kasus kebakaran, tetapi sering menjadi tempat jujukan warga saat mengalami kesulitan, seperti mengevakuasi ular di rumah maupun masuk motor, lepas cincin, dan seterusnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pemilik motor Honda Beat itu adalah pegawai Kantor BCA Multifinance Sragen, Rashyid Muttaqiim Maulana. Saat ditemui wartawan, Senin, ia mengatakan awalnya pukul 08.30 WIB hendak membuka jok motor di depan kantor. Tiba-tiba ada ular jenis lari angon merayap di tanah dekatnya.

“Ular itu saya halau pakai kaki. Tapi ular itu malah naik ke dalam motor lewat standar. Kemudian motor saya bawa ke bengkel dekat kantor. Namun, dari pihak bengkel tidak sanggup dan menyarankan saya ke Damkar Sragen,” ujarnya.

Rahsyid akhirnya membawa motornya ke Damkar Satpol PP Sragen pada pukul 09.45 WIB. Tiga orang anggota Tim Damkar Satpol PP Sragen langsung menangani. Awalnya beberapa lubang motor disemprot dengan pertalite agar ular keluar. Tetapi tidak keluar. Akhirnya, mereka membongkar motor itu.

Setelah dibongkar dan disemprot pertalite lagi, ular itu masih tak kunjung keluar. Tim meneliti setiap lubang yang bisa jadi tempat persembunyian ular. Akhirnya diketahui ular itu sembunyi di dekat dekat spidometer motor.

“Ternyata ularnya kecil. Diameter hanya 1 cm dan panjangnya 30 cm. Ular jenis lari angon. Biasanya memang ular kecil-kecil yang masuk motor. Karena kecil, petugas agak kesulitan mencari. Butuh waktu 30 menit untuk mencari ular itu,” kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Bidang Damkar Satpol PP Sragen, Lilik Slamet, saat ditemui wartawan.

Ular itu ditangkap dan dimasukkan ke dalam botol bekas air mineral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya