SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video viral penampakan bola api berekor terbang di langit wilayah Grogol, Sukoharjo, Kamis (14/9/2023) malam. (Instagram @agendasolo)

Solopos.com, KLATEN — Video penampakan bola api terbang di langit jadi viral setelah diunggah sejumlah akun media sosial, Kamis (14/9/2023) menjelang tengah malam.

Dari komentar warganet di unggahan video sejumlah akun media sosial, penampakan bola api berwarna kuning keemasan itu terlihat jelas di wilayah Jogja dan Soloraya, seperti Klaten, Sukoharjo, dan Boyolali.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dari pengamatan Solopos.com, akun Instagram @merapi_uncover mengunggah dua video tentang penampakan bola api itu. Video pertama diunggah sekitar pukul 23.30 WIB berisi gambar cahaya dengan ekor bergerak di langit.

Cahayanya penampakan bola api yang viral itu cukup terang dan terbang dari kiri ke kanan disertai suara cukup keras tapi kemudian cahaya itu mengecil dan menghilang.

“[Breaking News] Belum lama ini terlihat cahaya merah kekuningan agak panjang di langit selatan menuju utara, Entah cahaya apa itu…,” tulis penjelasan pada unggahan video dengan keterangan kredit g_pmks tersebut.

Unggahan kedua dengan waktu yang berdekatan, akun Instagram @merapi_uncover mem-posting video dengan keterangan kredit KevinDndr. Tampak video yang memperlihatkan cahaya warna kuning keemasan dengan ekor panjang bergerak dari kiri ke kanan.

“Kamis, 14/09/2023 23:15 wib. Terlihat penampakan cahaya di langit nampak dari condongcatur Sleman,” tulis keterangan pada unggahan kedua itu.

Selain @merapi_uncover, beberapa akun Instagram lain juga mengunggah video viral penampakan bola api terbang di langit pada malam yang sama. Di antaranya akun @kabar_klaten yang mengunggah video dari akun X (sebelumnya Twitter) @adiksi_, akun Instagram @infocegatansukoharjo.

Bahkan akun Instagram @agendasolo juga mengunggah video serupa kiriman @bayuaryan97 dan @maustore.id yang menunjukkan lokasi pengambilan video di daerah Grogol, Sukoharjo.

Beberapa warganet menyebut penampakan bola api berekor di langit malam yang viral itu terlihat sangat jelas di sejumlah wilayah di Klaten, seperti Pedan, Jatinom, Tulung, Wedi, Juwiring, Jogonalan, bahkan terlihat jelas dari jalan Solo-Jogja.

“Sekitar Jam 23.20 wib jln Jogja Solo kelihatan jelas bgt dr arah selatan ke Utara,” tulis warganet dengan nama akun @wellyefnu di kolom komentar unggahan akun @agendasolo.

“Aku iruh. Salam Seko Klaten area kecamatan Ngawen,” komentar akun @rizkha_tukhul_angkringan.

“Ak mau weruh lur posisi lewat etan smp 2 pedan,” tulis @sigitramdan di unggahan akun @kabarklaten.

Penampakan bola api keemasan dengan ekor panjang itu memicu perbedaan pendapat di kalangan warganet. Sebagian warganet menduga benda itu adalah meteor yang jatuh. Namun ada pula yang menyebutnya banaspati, teluk brojo atau pulung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya