SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di jalur fungsional tol Solo-Jogja wilayah Kecamatan Polanharjo Klaten, Sabtu (23/12/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Volume kendaraan yang melintas di jalur fungsional tol Jogja-Solo sepanjang 13 kilometer (km) meningkat pada hari kedua dioperasikan, Sabtu (23/12/2023). Diperkirakan, jumlah kendaraan yang melintas pada hari kedua jalur operasional tol difungsikan meningkat.

Kapolres Klaten, AKBP Warsono, mengatakan peningkatan volume kendaraan yang melintas jalur fungsional tol Solo-Jogja terjadi sejak pagi atau sejak jalur fungsional dibuka lagi pukul 06.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Rentang empat jam, sudah ada 2.003 kendaraan yang lewat. Kemarin dari pukul 06.00 WIB sampai sore selama 11 jam [hingga pukul 17.00 WIB sesuai rentang waktu jalur fungsional tol dioperasikan] ada 3.600 kendaraan. Hari ini kenaikan jumlah kendaraan yang lewat tol fungsional bisa jadi sampai 50%,” kata Kapolres saat ditemui di Exit Tol Kuncen, Kecamatan Ceper, Sabtu.

Sementara, waktu tempuh di jalur fungsional sepanjang 13 km itu dari gerbang tol (GT) Colomadu hingga GT Karanganom dengan Exit Tol di Kuncen rata-rata 20 menit. Diprediksi, volume kendaraan yang melintas di tol fungsional meningkat pada Sabtu-Minggu (23-24/12/2023) seiring libur Natal 2023. Hingga Sabtu, mayoritas kendaraan yang melintas mengarah ke Jogja.

Disinggung upaya mengantisipasi penumpukan kendaraan di titik pertemuan jalur fungsional tol dengan jalan raya Jogja-Solo, Kapolres mengatakan selain memfungsikan traffic light portabel, ada petugas yang melakukan pengaturan arus lalu lintas di simpang tiga tersebut.

Kapolres juga menjelaskan ada peningkatan volume kendaraan yang melintas ruas jalan raya Solo-Jogja. Dari pagi hingga siang, peningkatan volume kendaraan terjadi terutama yang mengarah ke Jogja. Kapolres menjelaskan skenario pengaturan arus lalu lintas sudah disiapkan. Petugas juga sudah disiagakan di pos-pos yang dioperasikan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, mengatakan jumlah kendaraan yang melintas di tol fungsional yang dioperasikan pukul 06.00 WIB-17.00 WIB pada Sabtu diprediksi dua kali lipat dibandingkan pengoperasian pada Jumat. Pasalnya, peningkatan volume kendaraan pada hari kedua jalur fungsional dioperasikan terasa sejak pagi.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pada hari kedua pengoperasian jalur fungsional tol hingga titik keluar di Klaten relatif lancar. “Ternyata kepadatan arus mudik Nataru ini luar biasa. Semoga dengan dibukanya jalur fungsional ini akan mempermudah akses dan para pemudik pulang kampungnya lancar,” kata Mulyani saat ditemui di sela pengecekan Exit Tol Kuncen.

Operasional Tol Solo-Jogja

Mengutip informasi pada akun IG @jasamargajogjasolo_official, jalur fungsional jalan tol Jogja-Solo mulai dari Kartasura hingga Karanganom sepanjang 13 km dibuka selama libur Nataru mulai Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024). Pengoperasian fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus libur Nataru.

Jam operasional jalur fungsional yakni dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas yakni kendaraan roda empat golongan 1 nonbus dan nontruk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional adalah 40 km/jam.

Pada periode arus mudik Natal yakni pada 22 Desember 2023 hingga 31 Desember 2023, jalur fungsional beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Tol Trans Jawa) Kartasura menuju GT Banyudono (tujuan Boyolali dan Kartasura) dan GT Karanganom (tujuan Klaten dan Yogyakarta).

Akses masuk menuju GT Colomadu dari arah jalan raya Solo-Semarang dialihkan melalui GT Banyudono pada jam fungsional pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Sedangkan untuk arus balik pada periode 1 Januari 2024 hingga 3 Januari 2024 akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (tujuan Boyolali dan Kartasura) dan GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa).

Salah satu pengemudi yang melintas jalur fungsional, Imam, mengatakan awalnya agak bingung ketika melewati jalur fungsional tersebut lantaran baru kali pertama melintas. Sepanjang 13 km ruas jalur fungsional, sisi kiri dan kanan jalan berupa area persawahan. “Perjalanannya lancar-lancar saja,” kata warga Ngawi, Jawa Timur itu.

Pengemudi lainnya, Izros, mengatakan perjalanan lewat tol fungsional menghemat waktu tempuh. Soal kondisi jalan, dia mengatakan relatif mulus. Hanya ada hambatan di beberapa lokasi pertemuan antara ruas jalan dengan jembatan. “Masih ada beda ketinggian antara jalan dan jembatan,” kata pemudik asal Tangerang yang menuju Ceper, Klaten itu.

Sementara itu, kepadatan arus lalu lintas pada Sabtu siang terlihat di sepanjang ruas jalan raya Solo-Jogja terutama yang mengarah ke Jogja. Selain di ruas jalan raya Solo-Jogja, kepadatan arus lalu lintas juga terlihat di ruas jalan raya Klaten-Jatinom terutama dari arah Jatinom menuju Klaten. Selain kendaraan pribadi, terlihat truk pengangkut uruk maupun truk sirtu di antrean kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya