SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video yang memperlihatkan air terjun yang tiba-tiba muncul di dekat kawasan wisata Deles Indah di lereng Gunung Merapi, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Senin (26/2/2024). (Istimewa/@wisatadelesindah)

Solopos.com, KLATEN — Air terjun mendadak muncul dan mengalir deras di dekat kawasan wisata Deles Indah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Senin (26/2/2024) sore. Pemandangan yang jarang terlihat itu muncul ketika kawasan lereng Gunung Merapi diguyur hujan lebat.

Penampakan air terjun itu terekam video yang kemudian dibagikan melalui Instastory @wisatadelesindah. Pada video tersebut terlihat air terjun mengalir deras pada tebing yang dipenuhi pepohonan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidorejo, Sukiman, membenarkan mengalirnya air terjun tersebut. “Iya. Itu di area Kali Lumbang. Hanya kalau hujan kok begitu [muncul air terjun ketika hujan],” kata Sukiman saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Dari kawasan yang menjadi spot wisata untuk melihat puncak Gunung Merapi di Deles Indah, Klaten, air terjun itu terlihat jelas. Sukiman menjelaskan setiap kawasan di lereng Gunung Merapi itu diguyur hujan deras, air terjun di Kali Lumbang itu terlihat.

Hanya, air terjun yang mengalir pada Senin menjadi yang terbesar sepanjang musim hujan kali ini. “Biasanya sampai tiga jam [air terjun mengalir] kemudian mengecil,” kata Sukiman.

Sebagai informasi, Deles Indah dikenal sebagai destinasi wisata alam di lereng Gunung Merapi. Lokasinya berjarak 4 km hingga 5 km dari puncak Merapi dan berada pada elevasi atau ketinggian 1.216 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Deles Indah berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Ada banyak daya tarik di kawasan objek wisata alam Deles Indah maupun di luar kawasan yang berbatasan dengannya.

Di dalam kawasan wisata, pengunjung bisa menikmati panorama Gunung Merapi jika kondisi puncak gunung tak tertutup awan. Selain itu, di kawasan tersebut terdapat hutan pinus yang lokasinya teduh serta udaranya segar.

Di luar kawasan Deles Indah, warga di wilayah Desa Sidorejo sudah membuka kegiatan wisata alam, termasuk wisata live in atau menginap di rumah warga dan merasakan sensasi hidup layaknya warga setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya