SOLOPOS.COM - Poster donasi untuk melunasi biaya rumah sakit dan kepulangan jenazah warga Sumbung, Cepogo, Boyolali, Sofiyatun. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Cepogo, Boyolali, dikabarkan meninggal dunia di Korea Selatan. Namun, jenazahnya belum bisa dipulangkan ke Indonesia karena harus membayar biaya rumah sakit dan pemulangan total Rp300 juta.

Berdasarkan poster yang beredar di media sosial, WNI yang meninggal tersebut atas nama Sofiyatun warga Tegalrejo RT 002/RW 002, Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam poster tersebut, tertulis jika Sofiyatun dirawat di rumah sakit Goda Byeongwon Gojan Korea Selatan. Saat ini membutuhkan bantuan pelunasan biaya rumah sakit dan kepulangan jenazah ke Indonesia.

Poster yang beredar tersebut dibenarkan oleh perangkat Desa Sumbung, Triyono. Warga sekitar juga telah menggalang donasi sebagai wujud kepedulian terhadap sesama saat mendengar kabar Sofiyatun sakit di Korea Selatan.

Lebih lanjut, Tri menjelaskan Sofiyatun pergi ke Korea Selatan baru kurang lebih dua pekan. Setelah bekerja selama sekitar satu pekan, Sofiyatun mengalami sakit.

“Hanya, sakitnya kecelakaan kerja atau sakit beneran kami kurang tahu kok separah itu langsung meninggal, kami kurang tahu. Waktu berangkat sebenarnya sehat, segar bugar, lolos tes, dan sebagainya,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (20/9/2023).

Ia menjelaskan Sofiyatun sakit dan dirawat di rumah sakit terlebih dahulu sebelum meninggal pada Senin (18/9/2023) malam. Menurut informasi yang didapat Tri dari pihak keluarga, jenazah dalam proses pemulangan.

“Terus di sana memberi kabar lewat KBRI, PJTKI atau apa, saya kurang paham jelasnya. Katanya itu membutuhkan biaya kurang lebih Rp300 juta. Padahal keluarganya itu memang betul-betul kurang mampu, jadi harus kami tolong. Jadi kasihan sekali,” kata dia.

Tri menceritakan Sofiyatun adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Keluarganya termasuk kategori tidak mampu, sehingga ia mempersilakan bagi masyarakat yang ingin berdonasi membantu pelunasan biaya rumah sakit dan kepulangan jenazah Sofiyatun ke tanah kelahirannya.

Sesuai informasi di dalam poster, masyarakat yang ingin membantu dapat memberikan donasi ke rekening Mandiri 1380019163695 atas nama Sri Retnoningsi lalu memberikan konfirmasi ke Sodek Mustopa di 0822-1032-8643.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya