SOLOPOS.COM - Warga membeli beras di pasar murah yang digelar Pemkab Karanganyar di halaman Kecamatan Karangpandan pada Senin (26/2/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bazar pangan murah yang digelar Pemkab Karanganyar lagi-lagi diserbu ratusan warga. Kali ini, bazar pangan murah digelar di halaman Kecamatan Karangpandan pada Senin (26/2/2024). Beras jadi komoditas yang paling banyak diburu karena harganya kini naik ugal-ugalan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, antrean panjang terlihat di halaman kantor Kecamatan Karangpandan sejak pukul 08.00 WIB. Warga Karangpandan, Suyanti, 40, mengatakan sangat terbantu dengan hadirnya pasar murah tersebut. Harga beras di pasaran saat ini lebih dari Rp14.000 per kilogram. Itupun beras dengan kualitas yang paling rendah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Alhamdulillah ada bazar murah. Saya langsung beli beras paket lima kg Rp51.000,” katanya yang berharap pasar pangan murah ini rutin digelar.

Menjelang Ramadan ini, sejumlah harga kebutuhan pokok di Karanganyar mengalami kenaikan. Selain beras, kebutuhna pokok yang harganya terkerek di antaranya telur ayam dan daging ayam.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Dispertan PP) Karanganyar, Siti Maesyaroch, mengatakan komiditas beras paling banyak dicari masyarakat di bazar pangan murah. Pihaknya menyiapkan tiga ton beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dalam bazar ini dan ludes terjual dalam waktu singkat.

“Kami kerja sama dengan Bulog Solo. Tidak hanya beras, tersedia juga paket sembako murah lain seperti minyak goreng, telur ayam, dan gula pasir,” kata dia.

Warga diperbolehkan membeli hingga dua sak beras SPHP. Satu sak berisi lima kilogram (kg) yang dibanderol Rp51.000. Kemudian satu kg gula pasir dan satu liter minyak goreng dijual Rp30.000.

Siti mengatakan bazar pangan murah digelar 12 kali dalam setahun. Untuk putaran kelima nanti, dia berencana menggelarnya di pelataran Gedung Kebudayaan Karanganyar. Dia mengakui antusias masyarakat di pasar murah cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya