SOLOPOS.COM - Suasana di wilayah Pasung, Wedi, Klaten, sesaat setelah terasa getaran gempa yang berpusat di Bantul, DIY, Jumat (30/6/2023) malam. Warga sempat berlarian keluar rumah. (Istimewa/Purwanto)

Solopos.com, KLATEN — Getaran gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 di barat daya Bantul, DIY, terasa cukup kencang di wilayah Klaten, Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB. Kencangnya getaran gempa membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Salah satu warga Desa Keden, Kecamatan Pedan, Klaten, Sarwono, mengatakan getaran gempa cukup kuat dirasakan di wilayah Pedan. “Iya yang ada di rumah semua keluar rumah. Pembeli di toko-toko juga berhamburan keluar. Sekarang suasana sudah tenang, tidak ada apa-apa,” kata Sarwono saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal senada disampaikan Jati, warga Dukuh Barepan Kulon, Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten. “Terasa kencang. Saat duduk di rumah lampu goyang-goyang kemudian lari keluar rumah pada membunyikan kentungan. Kondisinya aman tidak ada kerusakan,” jelas Jati.

Getaran gempa juga terasa cukup kencang di wilayah Kecamatan Wedi. Sejumlah warga juga berhamburan keluar rumah serta membunyikan kentungan.

“Cukup lumayan besar getarannya. Anak-anak pada mau tidur lari dan ada kemudian lari keluar rumah semua. Gempa mungkin lebih besar dibandingkan gempa beberapa pekan lalu [gempa Pacitan]. Warga juga sempat keluar rumah karena getaran gempa tadi,” kata salah satu warga Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Purwanto.

Setelah tak lagi merasakan getaran gempa, warga kembali masuk ke rumah masing-masing untuk beristirahat. Getaran gempa juga dirasakan warga di Desa Melikan, Kecamatan Wedi. “Getaran gempa ini tadi lumayan kencang. Alhamdulillah aman,” kata salah satu warga Melikan, Waris.

Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto, menjelaskan getaran gempa dirasakan di semua wilayah Klaten dengan tingkatan getaran berbeda-beda. Hingga kini, BPBD Klaten tidak menerima laporan kerusakan dan kerugian akibat getaran gempa tersebut.

“Masih kami pantau perkembangannya,” kata Nur. Ia mengatakan getaran gempa dirasakan pada skala III -IV MMI di wilayah Klaten.

Seperti diberitakan, gempa berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB. Informasi yang dihimpun dari BMKG, gempa bumi ini berpusat di 86 kilometer barat daya Bantul, DIY.

Lokasi gempa berada di 8,63 derajat Lintang Selatan dan 110.08 derajat bujur timur. Kedalaman gempa bumi ini 25 kilometer. Gempa bumi ini dirasakan di berbagai daerah di Soloraya hingga Kebumen, Madiun, Ponorogo, pantura, dan daerah lainnya.

BMKG menginformasikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. “Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” seperti dilansir bmkg.go.id.

Gempa yang berpusat di Bantul ini hanya berselang sekitar tiga pekan dari gempa yang berpusat di barat daya Pacitan, Jawa Timur, Kamis (8/6/2023) beberapa menit selepas tengah malam. Saat itu gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 terasa cukup juga di wilayah Soloraya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya