SOLOPOS.COM - Salah satu spot makan di deretan kuliner di Kali Talang, Teras, Boyolali, Senin (8/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALIWisata ciblon atau berenang dan bermain air di kolam renang atau umbul sudah biasa, tapi ciblon di sungai dengan air yang jernih seperti di Sungai Talang di Nepen, Kecamatan Teras, Boyolali, tentu akan memberikan sensasi pengalaman yang berbeda.

Apalagi pemandangan di sekitar lokasi juga tak kalah aduhai dengan hamparan sawah hijau atau kuning dan sungai berkelok-kelok, pepohonan hijau di kejauhan, serta langit biru dengan awan putih bersih. Pemandangan yang bak lukisan hidup.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wisata Sungai Talang dikembangkan menjadi objek wisata oleh warga desa setempat sejak beberapa tahun lalu. Ukuran sungai tidak begitu besar dengan aliran yang tidak deras dan air yang jernih.

Keindahan alam dan keunikan objek wisata ini menarik perhatian para penyuka piknik dan tak jarang mereka mengunggah foto atau video saat berwisata di Sungai Talang di Nepen, Teras, Boyolali, hingga viral di media sosial.

Dilansir dari kanal Youtube Pecinta Alam Wisata, Sungai Talang memiliki panjang kurang lebih 2 km. Sungai ini dimanfaatkan oleh para penduduk setempat sebagai lokasi mencuci baju, mencuci mobil, mencuci karpet, dan lain sebagainya.

wisata sungai talang boyolali
Pemandangan Sungai Talang di Nepen, Teras, Boyolali, yang menjadi salah satu objek wisata air di Boyolali. (Instagram @dolanboyolali)

Terdapat penyewaan karet ban untuk pelampung serta sudah terdapat bilik untuk berganti pakaian. Pengelola wisata Sungai Talang tidak memberlakukan biaya tiket wahana alias gratis.

Wisata ciblon di Sungai Talang, Teras, Boyolali, ini angat cocok untuk anak-anak. Jika ingin menikmati jajanan, ada cukup banyak penjual makanan ringan di sekitar Sungai Talang ini dan juga terdapat warung yang menjual berbagai makanan.

Uniknya tempat duduk untuk menikmati makanan di warung makan itu memanfaatkan talut saluran air irigasi dengan kaki pengunjung dapat berayun atau direndam di air sambil menyantap makanan. Menunya ada pecel, kare, soto, dan lain-lain.

Dilansir akun Instagram @wisataboyolali_, wisata Sungai Talang di Teras, Boyolali, ini banyak dikunjungi anak-anak kecil untuk berenang bersama teman-temannya. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Selain sungai dengan ukuran kecil, juga terdapat bendungan yang dapat dijadikan lokasi berenang, namun tentunya lokasi ini hanya untuk berenang orang dewasa karena dikhawatirkan akan membahayakan bagi anak-anak.

Wisata Sungai Talang ini biasanya ramai pengunjung saat sore hari saat suhu udara yang sudah tidak begitu panas dan matahari tak terik lagi. Kunjungan pada sore hari juga memungkinkan untuk melihat lembanyung senja dengan langit oranye dari matahari yang terbenam.

Hal itu tentu akan menambah keindahan pemandangan sekitar. Wisata Sungai Talang memiliki potensi sebagai tempat wisata bertema alam yang menarik banyak minat wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya