SOLOPOS.COM - Ketua PWM Jateng Tafsir mengukuhkan PDM Solo di Wisma Batari, Rabu (7/6/2023) malam. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 13 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo dikukuhkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Wisma Batari, Kemlayan, Solo, Rabu (7/6/2023) malam.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir, menyebut PDM Solo tidak bisa lepas dari sosok ulama atau kiai. Menurut dia, ini baik untuk progres pergerakan dakwah di Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ini rolling ya, sebelumnya juga dipimpin Anwar Soleh. Jadi Solo belum bisa lepas dari tokoh sepuh atau senior yang memiliki keulamaan dan kepemimpinan yang luar biasa,” kata dia kepada Solopos.com ketika ditemui selepas pengukuhan, Rabu.

Dia berharap persyarikatan yang didirikan oleh Ahmad Dahlan ini mampu berkembang terutama di bidang amal usaha seperti pendidikan dan kesehatan.

“Mudah-mudahan kepemimpinan membawa PDM Solo menjadi lebih progresif, sekalipun beliau tokoh senior,” lanjut dia.

Terkait terpilihnya Anwar Soleh, menurut dia, Muhammadiyah memang tidak bisa mengabaikan sosok ulama sebagai figur pemimpin. “Hati kecil warga Muhammadiyah itu selalu mencari ulama,” kata dia.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menyebut Muhammadiyah di Kota Bengawan sudah berkontribusi banyak dari sisi menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan. Dia berharap Pemkot dan persyarikatan tertua di Indonesia itu bisa saling bersinergi.

“Pemerintah berkepentingan untuk menjaga organisasi Muhammadiyah ini berjalan dengan baik dan bisa berkolaborasi membangun pendidikan, kesehatan, yang itu juga menjadi kewajiban kita,” kata dia ketika ditemui Solopos.com selepas pengukuhan, Rabu.

Sebelumnya, pada musyawarah daerah Musyawarah Daerah (Musda) di Balai Muhammadiyah Solo, Sabtu (20/5/2023) menetapkan Anwar Sholeh sebagai ketua PDM Solo, didampingi Rokhani sebagai sekretaris. Keduanya dipilih untuk periode 2022-2027.

Ketua PDM Solo terpilih, Anwar Sholeh mengatakan prioritasnya kedepan meningkatkan kualitas dan kuantitas Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) serta mutu sumber daya manusia yang ada di tubuh organisasi.

“Sekolah Muhammadiyah ini bisa lebih maju, kemudian masalah kesehatan melalui rumah sakit yang kita kelola bisa lebih baik,” kata dia.

Daftar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo Periode Muktamar 48 (2022–2027)

Ketua : Anwar Sholeh
Wakil Ketua 1 : Joko Riyanto
Wakil Ketua 2 : Subari
Wakil Ketua 3 : Sofyan Anif

Sekretaris : Rokhani
Wakil Sekretaris : Azhari

Bendahara : Syamsudin
Wakil Bendahara : Bagus Sukatno

Anggota sekaligus menempati Ketua Majelis/Lembaga 

Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah: Muhammad Ali
Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting dan Pembinaan Masjid (PCRM): Sumanto
Ketua Majelis Tabligh dan Da’wah Komunitas : Ahmad Sukidi
Ketua Majelis Kader dan Sumber Daya Insani : Suyanto
Ketua Majelis Pembinaan Kesehatan Umum : Muhammad Da’i

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya