SOLOPOS.COM - Perumda Tirta Makmur Sukoharjo menyediakan dua tim piket untuk melayani keluhan pelanggan selama masa libur Lebaran. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Perumda Tirta Makmur Sukoharjo menyiagakan dua tim petugas piket guna mengantisipasi keluhan dan aduan air bersih selama 24 jam saat libur Lebaran.

Para petugas piket tersebut disiagakan seiring cuti Lebaran pada 8 April-15 April 2024.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Pelanggan Perumda Tirta Makmur Sukoharjo, Habsor Kholis Abid mengatakan dua tim terdiri atas petugas operator dan petugas lapangan yang segera merespons apabila ada aduan maupun keluhan dari pelanggan air bersih.

“Layanan call center aktif selama 24 jam saat Lebaran. Apabila ada aduan atau keluhan pelanggan langsung diteruskan kepada tim teknis yang bertugas memperbaiki instalasi saluran air bersih di rumah-rumah penduduk,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (5/4/2024).

Habsor telah melakukan simulasi rekayasa penyaluran air bersih saat terjadi gangguan teknis pada pekan lalu.

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui respons petugas apabila ada keluhan atau aduan dari pelanggan air bersih.

Perumda Tirta Makmur Sukoharjo juga telah mempersiapkan sarana dan prasara (sarpras) seperti menambah berbagai ukuran jaringan pipa dan mesin genset.

Apabila ada kebocoran jaringan pipa, petugas segera mengganti dengan pipa baru.

Dia menjamin pasokan air bersih lancar saat libur Lebaran. Air bersih menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang digunakan untuk mencuci, memasak dan mandi.

“Biasanya, tingkat konsumsi air bersih justru melonjak pascaLebaran. Kalau saat hari H Lebaran justru stabil seperti hari biasa,” ujar dia.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Administrasi dan Keuangan Perumda Tirta Makmur Sukoharjo, Pono mengatakan saat ini, tengah merampungkan pengerjaan pembangunan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional.

Salah satu program strategis nasional (PSN) ini ditarget rampung sebelum September.

“Air baku dari Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri. Rencananya, nanti diresmikan Presiden Jokowi pada September,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya