SOLOPOS.COM - Situasi lalu lintas di depan Pasar Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, mulai padat pada Minggu (15/8/2021). Ekonomi masyarakat setempat menggeliat seiring pelonggaran PPKM. (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kira-kira apa saja kuliner yang wajib dicoba saat berwisata ke Pasar Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah?

Pasar yang berlokasi di daerah wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan. Mereka ada yang berburu sayuran segar, aneka tanaman hias, buah, hingga kulineran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga:  Tevy Badoa, Peserta X Factor Indonesia dari Solo yang Sihir Para Juri

Untuk kuliner sendiri banyak penganan lezat yang bisa kamu temukan di sini.

Kira-kira apa saja kuliner yang wajib dicoba saat ke Pasar Tawangmangu? Berikut ini di antaranya, yang Solopos.com rangkum dari beragam sumber.

Baca Juga: Sejarah Klaten yang Ceritanya Punya Beragam Versi

Kuliner Wajib di Pasar Tawangmangu

1. Sego Gablok

Kuliner pertama yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pasar Tawangmangu ada sego gablok.

Nasi gablok merupakan nasi uduk yang dimasak kembali dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang. Untuk menikmati nasi gablok ini, bisa ditambahkan gadon–-daging ayam cincang dicampur dengan telur dan santan yang dibumbui.

Baca Juga:  Potret Cassandra Angelie, Pemain Ikatan Cinta yang Terseret Prostitusi

Tak hanya gadon, nasi gablok ini juga enak dinikmati dengan bongko, sejenis pepes dari kacang tunggak/tolo.Seporsi nasi gablok dibanderol dengan harga Rp6.000. Makanan ini disajikan dalam kondisi hangat, sehingga sangat cocok dinikmati di tengah hawa dingin Tawangmangu.

Seporsi nasi gablok dibanderol dengan harga Rp6.000. Makanan ini disajikan dalam kondisi hangat, sehingga sangat cocok dinikmati di tengah hawa dingin Tawangmangu.

Baca Juga:  8 Wisata Seru di Sukoharjo, Ada yang Baru dan Lagi Ngehit Hlo

Kamu bisa menemukan Sego Gablok di depan Pasar Tawangmangu pada sore hari.

2. Molen Mini

Kuliner selanjutnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Pasar Tawangmangu ada molen mini.

Penganan lezat khas Tawangmangu ini memiliki ukuran lebih kecil daripada biasanya. Selain itu, menyantap molen pisang khas Tawangmangu paling pas dengan taburan gula halus.

Banyak pedagang gerobakan yang menjual molen pisang di sekitar Pasar Tawangmangu. Jadi kamu tak perlu khawatir kesusahan untuk mencari makanan satu ini.

Baca Juga:  Sederhana! Ini Cita-cita Bocah SD yang Jualan Snack di Jalanan Solo

3. Sagon

Kuliner selanjutnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Pasar Tawangmangu ada sagon.

Penganan ini banyak diburu wisatawan karena memiliki rasa yang khas, antara manis dan gurih dari kelapa.

Kamu bisa menemukan penjual sagon di depan pintu masuk Pasar Tawangmangu, dekat tangga naik menuju lantai atas.

Baca Juga:  Layangan Putus Episode 7: Tahu Kinan Depresi, Aris Putuskan Lydia?

4. Lenjongan

Kuliner selanjutnya yang bisa kamu temukan di Pasar Tawangmangu ada lenjongan.

Bukan hanya ditemukan di pasar-pasar Kota Solo, lenjongan juga bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Pasar Tawangmangu.

Seporsi lenjongan biasanya terdiri beragama jajanan tradisional, seperti gendar, klepon, sawut, jongkong, gatot, getuk, tiwul, cenik, ketan hitam, ketan putih dan grontol.



Semua makanan itu kemudian ditaburi parutan kelapa dan gula halus, atau diberi sirup gula merah.

Baca Juga:  Harga Tiket MotoGP Mandalika 2022 Baru Dirilis, Berapa Paling Murah?

5. Jadah dan Wajik

Kuliner terakhir yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Pasar Tawangmangu adalah jadah dan wajik.

Dua olahan dari beras ketan ini sangat mudah kamu temukan di Pasar Tawangmangu. Tak ayal, wajik dan jadah biasanya menjadi buah tangan ketika berwisata ke Tawangmangu.

Baca Juga:  Ternyata Ini Arti Nama dari Klaten, Kamu Sudah Tahu Belum?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ini Penyebab Tubuh Terasa Pegal saat Bangun Tidur

Ini Penyebab Tubuh Terasa Pegal saat Bangun Tidur
author
Astrid Prihatini WD Rabu, 1 Mei 2024 - 23:16 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bangun tidur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketika bangun tidur di pagi hari, semua orang pasti mengharapkan badan dan pikiran menjadi kembali segar agar siap menghadapi hari. Meski begitu kadang kala walau sudah tidur dengan cukup tapi saat bangun tidur tubuh malah terasa pegal.

Hal ini tentu membuat seseorang frustasi. Untuk menghindari otot dan sendi terasa sakit, ketahuilah alasannya di info sehat kali ini. Menurut psychologytoday.com yang dikutip pada Minggu (28/4/2024) terdapat berbagai alasan yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari perlengkapan tidur yang digunakan hingga penyebab lain seperti inflamasi pada tubuh.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berikut ini beberapa penyebab serta penjelasan dari tubuh pegal saat bangun tidur dan cara mengatasinya:

1. Perlengkapan tidur

Ketika merasa pegal saat bangun tidur, hal pertama yang dapat diperiksa adalah perlengkapan tidur, seperti matras dan bantal. Nyaman atau tidaknya tempat tidur hanya bisa dirasakan oleh Anda sendiri.

Koran Solopos

Beberapa hal yang perlu diingat untuk penggunaan matras yang nyaman adalah matras harus memberikan kenyamanan dan dapat menopang tubuh Anda. Kasur yang bagus ialah yang menopang tubuh keseluruhan dan tidak membuat pinggul tenggelam. Selain itu ia memungkinkan untuk memberikan kenyamanan pada titik-titik tekanan seperti lutut, pinggul, bahu, dan kepala serta membiarkan otot-otot Anda untuk rileks terutama pada punggung.

Selain kasur, bantal juga berpengaruh terhadap tidur. Bantal yang tepat dapat memberikan perbedaan pada kualitas bangun tidur seseorang. Bantal mempunyai peran untuk menyelaraskan tulang belakang leher Anda agar tidak ada ketegangan atau tekukan pada otot leher saat tidur.

Bantal yang terlalu tipis dan tebal dapat membuat tulang belakang tidak sejajar. Inilah yang kemungkinan besar akan menyebabkan seseorang merasa sakit leher dan sakit punggung bagian atas.
Bantal yang bagus adalah yang mendukung Anda untuk berbaring dalam posisi tidur, kepala dan leher dalam posisi sejajar.

Emagazine Solopos

2. Peradangan dan masalah tidur

Penyebab berikutnya tubuh terasa pegal saat bangun tidur adalah peradangan. Peradangan kronis dan secara berlebihan diketahui sebagai penyebab penyakit, berkurangnya aktivitas fisik, dan penuaan dini. Akibat beberapa faktor yang mungkin terjadi, peradangan dapat menjadi penyebab bangun tidur tak nyaman dan merasa  kurang istirahat.

3. Terluka dan sakit

Ketika sakit atau sedang terluka, tubuh merespon dengan inflamasi. Ini dapat menyebabkan sakit dan ketidaknyamanan yang mungkin menganggu bagaimana saat Anda tidur dan membuat sakit fisik dan kaku saat bangun tidur. Ini terjadi jika Anda sedang melawan demam atau  terkilir pada pergelangan kaki dan penyakit lebih serius serta kronis lain, termasuk radang sendi.

Hal yang dapat dilakukan untuk hal ini dengan mengobati kondisi tersebut. Ini akan membantu tidur lebih baik dan mengurangi ketidaknyamanan dan kelelahan saat bangun tidur.

Interaktif Solopos

4. Penuaan

Penyebab berikutnya mengapa tubuh terasa pegal saat bangun tidur adalah efek penuaan. Penuaan muncul sebagai hasil dari inflamasi dan penyebab dari inflamasi itu sendiri. Sistemik, inflamasi tingkat rendah menjadi lebih umum dengan usia. Begitu pula rasa kaku, sakit, dan tak segar pada pagi hari.

Hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi ini adalah dengan merawat diri Anda, secara fisik dan mental. Atur stress, jaga berat badan yang sehat, dan aktif secara fisik. Jadikan kesehatan sebagai hal utama dengan mengunjungi dokter Anda secara rutin.

5. Terlalu sedikit atau banyak olahraga

Penelitian menunjukan bahwa olahraga meningkatkan kualitas tidur sepanjang kehidupan. Ia juga mengurangi sakit fisik ketika tidur dan menurunkan tingkat kelalahan di siang hari.



Berolahraga terlalu banyak atau terlalu intens dapat menyebabkan cedera, peradangan, dan nyeri yang mengganggu tidur. Cedera berlebihan yang terkait dengan olahraga menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Olahraga sangat baik untuk tubuh, kesehatan, dan tidur, tetapi jika Anda berolahraga terlalu keras atau terlalu sering kemungkinan Anda akan merasakan beberapa efek negatif, termasuk saat tidur dan rasa sakit di pagi hari, dan sepanjang hari.

Untuk itu National Institutes of Health  dan American Heart Association merekomendasikan paling tidak 150 menit olahraga setiap pekan untuk orang dewasa yang sehat atau 30 menit sehari selama 5 hari dalam sepekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Warga Tasikmadu Karanganyar Hilang Misterius, Sepeda Motor dan HP Ditemukan

Warga Tasikmadu Karanganyar Hilang Misterius, Sepeda Motor dan HP Ditemukan
author
Astrid Prihatini WD Rabu, 1 Mei 2024 - 23:06 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga Tasikmadu, Karanganyar, bernama Joko alias Joker dilaporkan hilang saat perjalanan pulang dari RSUD dr. Moewardi Solo ke rumahnya pada Selasa (30/4/2024) malam. (Foto/ Istimewa Bayan Watu Ombo)

Solopos.com, KARANGANYAR-Joko alias Joker, 29, warga Watu Ombo RT 006 RW 003 Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, dilaporkan hilang misterius pada Selasa (30/4/2024) malam.

Korban menghilang saat perjalanan pulang ke rumah mengunakan sepeda motor Suzuki Satria F AD 5931 RZ. Sepeda motor tersebut ditemukan oleh warga di semak-semak jalan buntu pada Rabu (1/5/2024) sore.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selain sepeda motor juga ditemukan helm dan sandal diduga milik korban. Korban diduga menghilang karena menjadi korban penculikan orang tidak dikenal. Hingga kini proses pencarian korban masih terus dilakukan aparat kepolisian setempat.

Bayan Watu Ombo, Tasikmadu, Karanganyar, Roni Prihanta, mengatakan warga tersebut menghilang saat perjalanan pulang ke rumah dari RSUD dr. Moewardi Solo. Sebelumnya diketahui korban selama enam hari menunggui ibundanya yang sakit dan dirawat di RSUD dr. Moewardi Solo. Karena kondisi ibunya sudah membaik, dokter memperbolehkan untuk pulang ke rumah.

Koran Solopos

“Nah saat itu Mas Joker bilang ke ibunya kalau awakke ra penak. Mungkin karena menunggu sendirian di rumah sakit. Lalu, ibunya dari rumah sakit pulang naik ojek online dan mas Joker naik sepeda motor sekitar pukul 18.30 WIB. Tapi ibunya sampai dirumah, Mas Joker sampai jam 19.30 WIB tidak pulang ke rumah,” kata Roni kepada Solopos.com, Rabu malam.

Pihak keluarga terus mencoba menghubungi nomor handphone (HP) milik warga Watu Ombo, Tasikmadu, Karanganyar, yang hilang misterius itu. Namun tak juga mendapatkan respons apa pun. Hingga Rabu pagi, HP milik korban ditemukan oleh warga di depan Masjid Al Amin Tegalbiru, berjarak 1 kilometer (km) dari rumahnya.

Kemudian barulah sepeda motor milik korban ditemukan di semak-semak jalan buntu di Dukuh Genen, Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu pada Rabu selepas Ashar. Anehnya saat ditemukan sepeda motor korban masih dalam kondisi menyala. Sementara porsneling sepeda motor rusak setelah menabrak akar pohon.

Emagazine Solopos

“Di sekitar sepeda motor ditemukan helm dan sandal. Anehnya itu sepeda motor ditemukan jauh dari rumah dan bukan arah ke rumah,” kata dia.

Pihak keluarga, lanjut dia, langsung melaporkan orang hilang ke Polsek Tasikmadu. Aparat polsek Tasikmadu juga langsung bergerak cepat dengan menyisir sekitar lokasi penemuan sepeda motor korban. Namun belum membuahkan hasil dan pencarian akan dilanjutkan pencarian pada Kamis (2/5/2024).

Keluarga berharap Joker ditemukan dalam kondisi selamat. Keluarga menduga kuat Joker menjadi korban penculikan dan bukan perampokan. Karena sepeda motor dan barang milik korban ditemukan.

Interaktif Solopos

Dia mengatakan korban merupakan perantau yang bekerja di Jakarta. Joker pulang ke Karanganyar karena ibunya sakit dan dirawat di rumah sakit. “Mas Joker ini nunggu ibunya sendirian, enam hari di rumah sakit. Memang semua keluarganya merantau ke Jakarta,” kata dia.

Selain menyisir sekitar lokasi penemuan sepeda motor dan HP korban, polisi juga menyebar foto Joker melalui grup-grup Whatapps (WA). Pencarian dengan menyisir sekitar lokasi temuan sepeda motor akan dilanjutkan pada Kamis (2/5/2024).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Mencari Biawak, Warga Asal Boyolali Tenggelam di Bengawan Solo Sragen

Mencari Biawak, Warga Asal Boyolali Tenggelam di Bengawan Solo Sragen
author
Tri Rahayu , 
Astrid Prihatini WD Rabu, 1 Mei 2024 - 22:42 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan dan warga memantau aliran Bengawan Solo untuk pencarian korban tenggelam di wilayah Desa Gentanbanaran, Plupuh, Sragen, Rabu (1/5/2024). (Istimewa/PSC 119 Sukowati)

Solopos.com, SRAGEN-Seorang warga asal Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, diketahui tenggelam di perairan Bengawan Solo Sragen saat mencari biawak, Rabu (1/5/2024). Lokasi tenggelamnya warga itu terletak di wilayah Desa Gentanbanaran, Kecamatan Plupuh, Sragen. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD) Sragen berkoordinasi dengan Basarnas untuk pencarian korban.

Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam melalui Kapolsek Plupuh AKP Suparno kepada Solopos.com, Rabu malam, mengatakan peristiwa orang tenggelam itu diketahui pada pukul 15.30 WIB. Dia menyebut korban diketahui bernama Aris Saputro, 25, warga Kedungupit, Desa Sawahan, Ngemplak, Boyolali.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Awalnya korban bersama empat orang rekannya berburu biawak di sekitar aliran Bengawan Solo, tepatnya di wilayah Desa Gentanbanaran, Plupuh, Sragen. Korban bersama keempat temannya berenang menyeberangi sungai itu. Saat berenang ternyata korban tidak kuat berenang akhirnya korban hanyut. Sedangkan empat korban lainnya selamat sampai di seberang tepi sungai,” ujar Suparno

Koran Solopos

Dia menyampaikan kejadian itu dilaporkan ke Polsek Plupuh dan langsung ditindaklanjuti. Dia melanjutkan setelah mengecek ke lokasi dan olah kejadian perkara kemudian Polsek menghubungi BPBD untuk membantu pencarian.

Hingga Rabu pukul 21.00 WIB, kata dia, warga asal Boyolali yang tenggelam di perairan Sungai Bengawan Solo itu belum ditemukan. Kepala Pelaksana BPBD Sragen R. Triyono Putro membenarkan kejadian itu. Dia langsung menerjunkan tim ke lokasi dan berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional untuk pencarian.

Ketua PSC 119 Sukowati Sragen Udayanti Proborini melalui Sekretaris PSC 119 Sukowati Nengah Adnyana Oka Manuaba menyampaikan lokasi aliran Bengawan Solo tempat tenggelamnya korban terletak di Dukuh Sriyan RT 004, Desa Gentanbanaran. Dia menjelaskan korban memiliki ciri-ciri berjenis kelamin laki-laki, tinggi 170 cm, kulit sawo matang, pakaian yang dikenakan loreng gurun bergambar anjing lengan panjang, mengenakan celana warna merah garis putih training bertuliskan Tunas Harapan, rambut pendek, ada tanda khusus tindik di telinga kanan dan memakai sepatu warna putih karet polos.

Emagazine Solopos

Oka menerangkan pencarian warga asal Boyolali yang tenggelam di aliran Sungai Bengawan Solo Sragen itu dilakukan dengan apel pembukaan operasi SAR laka air pada pukul 18 15 WIB. Dia melanjutkan pencarian dilakukan malam ini dengan pemantauan di lokasi hingga sampai Jembatan Gawan, Tanon. Unsur yang terlibat di lapangan terdiri atas PSC 119 Sukowati, Puskesmas Plupuh 1, BPBD Sragen, Basarnas Surakarta, TNI, Polri, aparatur Kecamatan Plupuh, perangkat Desa Gentanbanaran, SAR Himalawu, Tagana Sragen, PMI Sragen, Ubaloka, SAR MTA, SAR Poldes, SAR PSHT Karangmalang, Kedawung Rescue, TRC (Tanon Reaksi Cepat), Relawan ARH, NU Peduli, Kalijambe Rescue, MDMC Kabupaten Sragen, Relawan Sidoharjo, Relawan RAPI, dan SAR lainnya serta warga setempat.

 

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories