SOLOPOS.COM - Objek Wisata Watu Cenik menyuguhkan panorama yang indah, yakni Waduk Gajah Mungkur (WGM) yang terbentang sangat luas dan perbukitan berselimut tumbuhan berwarna hijau. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Hadirnya Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri dan KA Batara Kresna tak dapat dimungkiri mendongkrak jumlah orang dari luar daerah yang datang dengan niat mengunjungi objek wisata, terutama yang dekat dengan Terminal Tipe C Wonogiri.

Tak sedikit dari mereka yang datang memang diniatkan untuk jalan-jalan, menjajal moda transportasi baru itu, hingga sekadar kulineran atau berwisata.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Namun, tak dapat dimungkiri pula banyak penumpang BRT Trans Jateng dari luar Wonogiri yang akhirnya kecewa karena hanya bisa muter-muter di Pasar Kota Wonogori, Alun-alun, atau wisata kulineran di sekitar Terminal Tipe C Wonogiri.

Sangat sedikit penumpang yang berkunjung ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Watu Cenik, atau Gunung Gandul yang sebenarnya cukup dekat dengan Terminal Tipe C Wonogiri.

Selain karena bingung mencari angkutan yang akan mengantar mereka ke objek wisata itu, pengunjung juga disulitkan dengan minimnya informasi mengenai objek-objek wisata tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, berikut lima objek wisata yang bisa dijangkau dalam waktu belasan menit saja dari Terminal Tipe C Wonogiri:

1. Objek Wisata WGM

Lokasi wisata ini berada di arah selatan dari Terminal Tipe C Wonogiri. Jaraknya sekitar 7 kilometer (km) melalui jalan raya Wonogiri-Pracimantoro dan bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 15 menit naik kendaraan bermotor.

Objek wisata WGM dapat pula diakses menggunakan angkutan perkotaan (angkuta) berwarna oranye yang biasa mangkal di Terminal Tipe C Wonogiri dekat halte BRT Trans Jateng.

waduk gajah mungkur wonogiri popok wisata WGM wonogiri
Area Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dan sekitarnya yang akan dikembangkan mulai tahun ini. Foto diambil dari Wisata Watu Cenik, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, belum lama ini. (Solopos/Rudi Hartono)

Jika tidak ingin lama menunggu, angkuta ini juga bisa dicarter untuk antar-jemput ke objek wisata WGM dengan tarif sesuai kesepakatan antara sopir dan penumpang.

Masih Tahap Renovasi

Di WGM, pengunjung bisa berwisata menikmati keindahan alam, deburan lembut ombak yang menenangkan, keliling naik perahu, melihat taman satwa dan berbagai wahana lain serta kulineran.

Saat ini, objek wisata WGM tengah direnovasi dengan anggaran dari pemerintah pusat dan nantinya akan ada berbagai wahana lain yang lebih menarik seperti teras kaca di bibir waduk.

2. Gunung Gandul Hill Top

Objek wisata ini hanya berjarak sekitar 1,3 km dari Terminal Tipe C Wonogiri melewati Jl Gunung Gandul dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih lima menit saja, baik naik sepeda motor maupun mobil.

Di tempat wisata yang dekat dengan Terminal Tipe C Wonogiri ini ada Gunung Gandul Hill Top dengan taman dan spot foto serta pemandangan kota Wonogiri dari ketinggian. Tiket masuknya hanya Rp5.000 dan pengunjung bisa datang dari pagi sampai malam.

Gunung Gandul Hill Top di Wonogiri wisata wisata dekat terminal wonogiri
Wisatawan tengah menikmati panorama city light Wonogiri sisi utara di objek wisata Gunung Gandul Hill Top Wonogiri, Selasa (10/1/2023). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Sayangnya tidak ada angkutan dengan trayek langsung dari Terminal Tipe C Wonogiri menuju Gunung Gandul. Namun, sopir angkuta bisa melayani carter untuk antar-jemput dengan tarif sesuai kesepakatan.

3. Watu Cenik

Lokasi objek wisata Watu Cenik di Desa Sendang, Wonogiri, dekat dengan Objek Wisata WGM. Jaraknya sekitar 7,5 km sebelah selatan dari pusat kota Wonogiri dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Mengutip laman sendang-wonogiri.desa.id, rute tempuh termudah adalah melalui jalan utama Wonogiri-Pracimantoro. Setelah berjalan sejauh sekitar 6 km, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke gang di kanan jalan memasuki kawasan pergunungan.

Begitu berbelok, kondisi jalan langsung menanjak cukup terjal sehingga kondisi kendaraan harus diperhatikan. Sampai di pos retribusi, pengunjung mesti membayar Rp5.000 per orang untuk satu lokasi dari tiga destinasi, yaitu Watu Cenik, Puncak Joglo, dan Menara Pandang Sokogunung.

Keindahan Pemandangan Senja

Dari objek wisata yang cukup dekat dengan Terminal Tipe C Wonogiri itu tampak hamparan WGM dari ketinggian 320 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pemandangan semakin indah pada sore hari menjelang senja saat matahari terbenam di balik barisan pegunungan.

4. Waduk Tandon

wisata dekat terminal wonogiri
Waduk Tandon, Krisak, Wonogiri (Instagram/@anggarawepa)

Waduk Tandon yang berlokasi Tlogorejo, Desa Pare, Selogiri, Wonogiri, menjadi salah satu tempat favorit kalangan milenial untuk menikmati pemandangan sore hari. Pemandangan waduk dengan hamparan rumput hijau yang nyaman untuk duduk bercengkerama dan ngobrol bareng teman menjadi daya tarik lokasi wisata ini.

Lokasi Waduk Tandon berjarak kurang lebih 4 km lewat Jl Jenderal A Yani dan Jl Tandon dengan waktu tempuh 9 menit. Bisa juga ditempuh lewat Jl Jenderal A Yani dan jalan Wonogiri-Klaten yang lebih jauh sekitar 5,4 km dengan waktu tempuh 11 menit. Masuk ke objek wisata ini gratis, pengunjung hanya diminta untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah.

5. Telaga Claket

Telaga Claket berlokasi di kaki Bukit Widodaren, Desa Sendangijo, Selogiri, Wonogiri. Jaraknya juga cukup dekat, sekitar 10 km dari pusat kota dan Terminal Tipe C Wonogiri via jalan raya Wonogiri-Jatipuro dan bisa ditempuh dalam waktu 16 menit.

Telaga Claket di Wonogiri wisata dekat terminal wonogiri
Keindahan Telaga Claket di Selogiri, Wonogiri. (Istimewa/Instagram @arofah_1806)

Mengutip jatengprov.go.id, objek wisata itu menawarkan pemandangan alam yang memanjakan para wisatawan dengan hamparan permukaan air telaga yang luas dan tenang. Keindahan semakin terlihat dengan adanya Bukit Widodaren di sebelah barat.

Hamparan rumput dan pepohonan hingga ketinggian bukit sekitar 200 meter menjadi latar foto yang indah dipadukan keindahan air telaga. Ada beberapa fasilitas pendukung lain, mulai dari gazebo, dermaga, titik atau spot foto yang instagramable.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu dengan tarif Rp20.000 per orang. Harga tiket masuk ke objek wisata ini Rp10.000 per orang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya