SOLOPOS.COM - Kondisi jalur tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran di wilayah Klaten, Rabu (3/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sekitar 61,8 juta pemudik diprediksi masuk wilayah Jateng pada Lebaran 2024 ini dengan masa puncak arus mudik pada Sabtu-Senin (6-8/4/2024).

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, saat ditemui wartawan seusai mengecek kesiapan tol fungsional Solo-Jogja di STA 13 yang masuk wilayah Desa Kapungan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Kamis (4/4/2024) sore.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kalau nasional yang disampaikan Menhub, pergerakan mudik Lebaran sampai 193,6 juta [orang], yang masuk ke Jateng sekitar 31,6 persen atau diperkirakan 61,8 juta. Angka ini cukup besar, fantastis juga dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Nana Sudjana.

Dia menjelaskan sebagian pemudik yang diprediksi masuk jateng itu ada yang sebatas melintas menuju Jawa Timur maupun Madura. Sebagian ada yang memang tujuannya ke Jateng.

Untuk menyambut arus mudik Lebaran, Nana Sudjana menjelaskan berbagai persiapan sudah dilakukan. Salah satunya memperbaiki jalan-jalan rusak.

“Kami harus betul-betul menyiapkan diri, bukan hanya koordinasi dengan DPUPR provinsi, tapi juga kabupaten untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Rata-rata jalan di Jateng di atas 90 persen menerima arus mudik dan balik,” kata dia.

Selain itu, sejumlah pos pengamanan serta pelayanan juga disiapkan. Pos di pintu masuk maupun keluar tol juga disiagakan termasuk di tol fungsional Solo-Jogja.

Terkait tol fungsional Solo-Jogja, Nana Sudjana menjelaskan hanya dioperasikan untuk satu jalur dari arah Solo atau Kartasura menuju Klaten pada pada arus mudik, 5-11 April 2024.

Sedangkan saat arus balik yang direncanakan pada 12-15 April dengan arah arus dari Klaten menuju Kartasura. Tol fungsional dibuka hanya pada pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Lebih lanjut, Pj Gubernur memastikan Jateng siap menerima arus mudik maupun melepas arus balik. “Kami dari Pemprov bersama TNI dan Polri termasuk Jasa Marga dan seluruh komponen stakeholder terkait di Jateng siap menerima arus mudik dan siap melepas arus balik,” kata Nana Sudjana.

Pada arus mudik maupun balik tahun ini, Pemprov Jateng menyiapkan angkutan mudik gratis bekerja sama dengan sejumlah stakeholders. Ada sekitar 12.600 warga yang terdaftar menumpang bus mudik gratis yang bakal diberangkatkan dari Jakarta dan Bandung dengan 256 bus pada Sabtu (6/4/2024).

“Pada Minggu [7/4/2024], ada dua rangkaian sekitar delapan gerbong kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 1.800 orang. Harapannya pulang kampung tidak menggunakan sepeda motor,” kata Nana Sudjana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya