SOLOPOS.COM - Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, mendengarkan paparan dari pimpinan PT Jasamarga Jogja Solo di STA 13 tol Solo-Jogja, Kuncen, Ceper, Klaten, Kamis (4/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, mengecek kesiapan tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024. Tol fungsional bakal dibuka mulai Jumat (5/4/2024) dengan waktu beroperasi dibatasi hanya dari pagi hingga sore.

Pantauan Solopos.com, Nana dan rombongan mengecek kesiapan tol fungsional pada H-1 pembukaan, Kamis (4/4/2024). Pengecekan dilakukan dari Gerbang Tol (GT) Colomadu sampai titik keluar di Ngawen, Klaten.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain pejabat Pemprov, tampak Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi di antara rombongan. Setelah sampai di pintu tol Ngawen, rombongan kembali ke STA 13 di bawah jembatan simpang susun Karanganom untuk mendengarkan paparan dari direktur PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ).

Hadir dalam paparan itu, rombongan pejabat Pemkab Klaten serta Dandim 0723/Klaten serta Kapolres Klaten. “Saya bersama Forkopimda Provinsi dan kabupaten serta Jasa Marga saat ini berada di posko jalan tol Solo-Jogja,” kata Nana Sudjana saat ditemui wartawan di sela pengecekan.

“Terkait saat ini akan menghadapi hari raya Idulfitri jadi perannya dari jalan tol sangat penting. Ini akan difungsionalkan dari Solo ke Jogja tetapi dalam pelaksanaan hanya sampai Klaten. Tetapi bisa juga keluar di Karanganom,” jelasnya.

Pj Gubernur menjelaskan tol fungsional hanya dioperasikan untuk satu jalur pada arus mudik mengarah dari Solo atau Kartasura ke Klaten dan berlaku pada 5-11 April 2024. Sementara jam pembukaan tol fungsional dibatasi antara pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

“Kenapa hanya siang hari? Karena jalan tol masih dalam proses [pembangunan belum selesai]. Belum ada markah, belum ada penerangan, dan belum ada rambu-rambu. Ini pun memang dibuka hasil koordinasi dengan Jasa Marga dan TNI/Polri dimanfaatkan saat jalur arus mudik dan balik,” kata Nana Sudjana.

Jalur Dipastikan Siap

Saat arus balik, lanjut Nana, akan berlaku arah sebaliknya yaitu dari Ngawen ke Colomadu pada 12-15 April. Nana Sudjana menjelaskan puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 6-8 April 2024. Dia memastikan Jateng siap menerima arus mudik maupun melepas arus balik.

“Kami dari Pemprov bersama TNI dan Polri termasuk Jasa Marga dan seluruh komponen stakeholders terkait siap menerima arus mudik dan siap melepas arus balik,” kata Nana Sudjana.

Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah, memastikan tol fungsional Lebaran mulai dibuka pada Jumat (5/4/2024) pukul 06.00 WIB. Soal jalur yang akan dilintasi untuk fungsional, Rudy memastikan sudah siap 100 persen.

“Persiapan lajur insyaallah sekarang tinggal pengaturan water barrier dan penambahan rambu untuk memastikan jalur yang dilewati aman. Terakhir kami melaksanakan pengaspalan beberapa lokasi beda tinggi. Sekarang sudah terasa bedanya semuanya sudah diaspal di lokasi yang sebelumnya ada beda tinggi,” kata Rudy.

Tol fungsional bakal dibuka selama 11 hari mulai Jumat (5/4/2024) hingga Senin (15/4/2024). Tol dioperasikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Jalur fungsional hanya diberlakukan satu arah dan gratis.

Pada Jumat-Kamis (5-11/4/2024), arus lalu lintas yang diberlakukan yakni dari GT Colomadu atau GT Banyudono ke Ngawen. Pada Jumat-Senin (12-15/4/2024), arus lalu lintas diberlakukan sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya