SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan calon anggota legislatif. (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Komposisi partai politik (parpol) yang memperoleh kursi DPRD Wonogiri di Daerah Pemilihan (Dapil) I yang terkenal sebagai dapil neraka pada Pemilu 2024 ini tak banyak berubah. Namun, ada tiga wajah baru di daftar calon anggota legislatif (caleg) yang diproyeksikan lolos ke parlemen Wonogiri.

Tiga nama baru itu termasuk satu caleg muda dari PDIP, Azalea Putri Utami. Sedangkan dua nama lainnya yakni Dwi Prasetyo dari PAN dan Wawan Arifianto dari PKS.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penghitungan Solopos.com berdasarkan perolehan suara parpol sesuai Formulir D Hasil atau hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, kemudian dikonversikan menjadi perolehan kursi menggunakan metode Sainte Lague, ada lima parpol yang mendapatkan jatah kursi di dapil I Wonogiri.

Lima parpol itu meliputi Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, PKS, dan PAN. Perolehan suara PDIP di dapil neraka Wonogiri itu mencapai 76.679 suara dan berhak mendapatkan enam kursi.

Kemudian Partai Golkar mendapatkan perolehan total 21.111 suara yang ketika dikonversi menggunakan rumus Sainte Lague menjadi dua kursi. PKS memperoleh total 14.692 suara dan hanya mendapatkan jatah satu kursi. Begitu juga PAN yang mendapat 8.335 suara mendapatkan satu kursi.

Umumnya, caleg yang mendapatkan jatah kursi parpol adalah caleg dengan suara terbanyak di parpol tersebut. Dengan melihat jumlah perolehan suara caleg dari paling banyak hingga paling sedikit di masing-masing parpol, berikut nama-nama caleg yang diproyeksikan lolos ke DPRD Wonogiri dari Dapil I:

Partai Gerindra

  • Arum Subekti

PDIP

  • Bambang Sadriyanto
  • Ari Sumantri
  • Azalea Puteri Utami
  • Urin Tri Hartono
  • Margono
  • Yukanan Supriyanto

Partai Golkar

  • Reni Toriliana
  • Widiyatno

PKS

  • Wawan Arifianto

PAN

  • Dwi Prasetyo

Pengamat Politik Wonogiri, Bambang Tetuko, mengatakan komposisi perolehan kursi parpol di Dapil I Wonogiri pada Pemilu 2024 dan Pemilu 2019 tetap sama. Hal ini menandakan dapil I Wonogiri yang kerap disebut dapil neraka memang sangat ketat.

Sulit bagi parpol petahana untuk menambah kursi. Begitu juga dengan parpol lain yang berusaha meraih kursi di dapil itu. Masing-masing parpol sudah memiliki basis massa di lima kecamatan di dapil tersebut.

Harga Terendah Kursi Naik

Di sisi lain, kata dia, banyak kantor dan rumah para ketua partai politik tingkat kabupaten di dapil I. Kepemilikan kursi di dapil I menjadi simbol eksistensi bagi mereka. Dengan begitu, mereka berusaha keras mendapatkan atau mempertahankan kursi di DPRD Wonogiri.

“PDIP sekalipun susah untuk menambah kursi di dapil itu. Maksimal, perolehan suaranya dibagi bilangan 11. Kalau dibagi bilangan ganjil di bawahnya, jarak selisih suara dengan perolehan suara partai lain yang masih dibagi bilangan satu itu jauh,” jelas Bambang saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/2/2024).

Apalagi, lanjutnya, harga minimal satu kursi di dapil I untuk parpol pada Pemilu 2024 ini naik signifikan dibandingkan Pemilu 2019. Catatan Solopos.com, harga minimal satu kursi bagi parpol di dapil neraka Wonogiri itu pada 2019 sekitar 5.900 suara yang pada saat itu diraih Partai Gerindra.

Sedangkan pada Pemilu 2024, harga terendah 8.335 suara yang didapatkan PAN. Ihwal caleg yang akan lolos ke DPRD Wonogiri, menurut Bambang, hal itu merupakan keputusan partai politik.

Dia menjelaskan caleg dengan suara terbanyak di parpol yang mendapatkan jatah kursi itu belum pasti akan lolos ke parlemen atau dilantik menjadi anggota DPRD Wonogiri. Sebab kewenangan itu ada di parpol. “Parpol sebagai peserta Pemilu bisa memilih siapa yang akan dilantik nanti,” kata Bambang.

Caleg petahana Partai Golkar di Dapil I, Widiyatno, menyampaikan partainya mendapatkan dua kursi di dapil tersebut. Caleg Partai Golkar yang akan maju ke parlemen Wonogiri di dapil itu adalah dua caleg memiliki suara terbanyak.

“Pertama Reni Torilaina, yang kedua saya, Widiyanto. Itu sudah sesuai dengan hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya