SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di depan Kantor KPU Wonogiri, Selasa (4/7/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Tujuh partai politik atau parpol diproyeksikan menduduki kursi DPRD Wonogiri seusai perolehan suara di Pemilu 2024. Jumlah itu bertambah dibandingkan pada Pemilu 2019 lalu yang hanya enam parpol.

Penambahan jumlah parpol yang memperoleh kursi di DPRD Wonogiri otomatis berdampak pada berkurangnya perolehan kursi parpol lain. Berdasarkan penghitungan Solopos.com menggunakan salinan data Formulir D Hasil atau Plano yang dihimpun dari masing-masing kecamatan, tambahan satu parpol yang mendapat kursi di DPRD Wonogiri yakni Partai Demokrat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Partai bentukan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), itu diproyeksikan mendapatkan dua kursi di Pemilu 2024 ini. Partai ini sempat terpental dan tak mendapatkan satu pun kursi DPRD Wonogiri pada 2019 lalu.

Di sisi lain, ada tiga parpol yang perolehan kursinya berkurang. Pertama, PDIP yang pada 2019 lalu mendapat 28 kursi, pada Pemilu 2024 ini berkurang satu kursi menjadi 27 kursi. Kedua, Partai Golkar yang pada 2019 lalu mendapat delapan kursi, pada Pemilu 2024 ini juga berkurang satu menjadi tujuh kursi.

Ketiga, PKB yang pada 2019 lalu mendapat tiga kursi, pada Pemilu 2024 ini hanya mendapat dua kursi. Namun demikian, ada juga parpol yang perolehan kursinya bertambah yakni PKS. Pada 2019 lalu, PKS mendapat empat kursi, sedangkan pada 2024 ini mendapat lima kursi. Parpol lainnya yakni Partai Gerindra dan PAN, perolehan kursinya tidak berubah.

Berikut perbandingan perolehan kursi parpol di DPRD Wonogiri pada Pemilu 2019 dan proyeksi hasil Pemilu 2024: 

Pemilu 2019

  1. PKB: 3 kursi
  2. Partai Gerindra: 4 kursi
  3. PDIP: 28 kursi
  4. Partai Golkar: 8 kursi
  5. PKS: 4 kursi
  6. PAN: 3 kursi

Pemilu 2024

  1. PKB: 2 kursi
  2. Partai Gerindra: 4 kursi
  3. PDIP: 27 kursi
  4. Partai Golkar: 7 kursi
  5. PKS: 5 kursi
  6. PAN: 3 kursi
  7. Partai Demokrat: 2 kursi

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, menyampaikan saat KPU masih melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten setelah rekapitulasi tingkat kecamatan sudah selesai. Formulir D Hasil dari masing-masing kecamatan juga bisa diakses publik.

Rekapitulasi tingkat kabupaten dilaksanakan bertahap setiap kecamatan dengan target selesai pada Kamis (29/2/2024). Pantauan Solopos.com, hingga Rabu (28/2/2024) siang, KPU sudah menyelesaikan rekapitulasi suara di 19 kecamatan dari total 25 kecamatan.

Menurut Satya, sejauh itu tidak ada data perolehan suara yang berubah dibandingkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan. Satya menyebutkan setelah rekapitulasi selesai, KPU, Bawaslu, dan saksi akan memverifikasi ulang hasil rekapitulasi tersebut sebelum ditetapkan atau disahkan.

Menurut Satya, dari hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, biasanya untuk pemilihan calon anggota DPRD Wonogiri sudah bisa diproyeksikan parpol mana saja yang dapat kursi dan caleg mana saja yang terpilih. “Hanya, penetapan calon terpilih tetap dilakukan KPU tingkat pusat,” kata Satya, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya