SOLOPOS.COM - Peserta lomba mewarnai yang digelar Disporapar Boyolali di Umbul Tlatar pada Sabtu (21/10/2023). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali menggelar acara lomba mewarnai dan menyusun puzzle di Objek Wisata Umbul Tlatar Boyolali, Sabtu-Minggu (20-21/10/2023). Lomba tersebut diikuti ratusan siswa TK dan SD secara gratis.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Disporapar Boyolali, Tutik Riyan Kustiyani, mengungkapkan tujuan digelarnya lomba tersebut di Tlatar untuk menyosialisasikan objek wisata tersebut ke orang tua dan siswa. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan bakat dan kemampuan anak di bidang seni dan kreativitas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tentunya ini memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan seni lukis dan berkreasi. Jadi bagaimana wisata ini dikenal oleh pelajar dan masyarakat,” kata dia kepada wartawan di Tlatar, Sabtu (21/10/2023).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pada hari pertama digelar lomba kategori A TK A dan B diikuti sebanyak 222 anak, kategori B tingkat siswa kelas I-III sebanyak 47 peserta. Kemudian kategori C tingkat siswa kelas IV-VI sebanyak 47 peserta.

“Untuk Minggu, lomba puzzle kategori A kelas TKA A dan B sebanyak 105 peserta dan kategori B kelas I-III sebanyak 43 peserta. Jadi kegiatan ini kami gelar selama dua hari dan panitia menyediakan piagam, piala serta uang pembinaan hadiah total sebesar Rp9 juta,” jelas Tutik.

Lebih lanjut, ia berharap dengan adanya lomba mewarnai dan menyusun puzzle tingkat anak anak di objek wisata Umbul Tlatar dapat meningkatkan kunjungan tempat tersebut. Diharapkan juga bisa meningkatkan minat anak untuk berkesenian.

“Semoga saja tingkat kunjungan di wisata ini meningkat dan minat belajar anak menggambar juga meningkat,” kata dia.

Salah satu orang tua peserta, Puryani, mengaku sengaja mengikutkan sang anak untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan di Disporapar Boyolali. Ia melihat sangat anak menyukai dunia seni sejak kelas TK B hingga sekarang kelas I SD.

Lebih lanjut, perempuan yang tinggal di Pulisen, Boyolali tersebut mengaku sebelumnya pernah mengunjungi Tlatar. Namun tidak sering, sehingga ia merasa senang dengan adanya lomba yang diselenggarakan di Objek Wisata Tlatar.

“Semoga Tlatar makin dikenal dan dengan kegiatan seperti ini akhirnya bisa mengunjungi Tlatar. Biasanya sibuk mengurus rumah,” kata dia.

Berikut daftar pemenang lomba mewarnai dan menyusun puzzle yang digelar oleh Disporapar Boyolali di Objek Wisata Umbul Tlatar:

Pada level TK, juara I diraih oleh Sarah Maria Hanum dari TK Pembina dengan skor 480. Juara II diraih Eliza Nafla asal TK MTA Ngadirojo Boyolali dengan skor 425. Juara III diperoleh Wisanggeni Ransi asal RA Sarius Aqila dengan skor 810.

Untuk tingkat SD, juara I diraih Allyna Sukma dengan skor 885, juara II Nafisa Krisantia asal SD Dawung 1 dengan skor 870, dan juara III Alika Renata dengan skor 865.

Kemudian, untuk lomba menyusun puzzle di hari kedua, kategori TK Juara I oleh Adifa Yasna Umaiza dari TK Daarul Muhajirin Boyolali, juara II oleh Lathif Fadhlika Ramadhan dari TK IT An Najah, juara III diraih Ghaisan Achmad Abqori dari TK IT Al-Mannan Boyolali.

Kategori SD, juara I diraih Kaffah Lailina Hidayati dari MIM Kuwiran, juara II diraih Ahmad Fadhil Husoini dari SD IT An Najah, dan juara III diraih Orlin Romeesa Dzahim dari SDN 9 Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya