SOLOPOS.COM - ilustrasi bayi. (Dok. Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Secarik kertas berisi pesan ditemukan bersama jasad bayi perempuan yang ditinggalkan di depan kios tepi Jl Ir Soekarno, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Senin (23/10/2023).

Kertas bertuliskan pesan itu diduga ditinggalkan oleh orang tua si bayi. Kaur Bin Ops (KBO) Satreskrim Polres Klaten, Iptu Umar Mustofa, mengatakan jenazah bayi itu ditemukan sekitar pukul 08.00 WIB oleh warga. Jenazah bayi itu terbungkus plastik.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dia membenarkan di dekat jenazah bayi itu ada secarik kertas yang diduga dari orang tua bayi tersebut. Kertas itu berisi pesan yang ditulis tangan.

“Di sana [dekat penemuan jenazah bayi] ditemukan surat yang pada intinya meminta agar [jenazah bayi] dikebumikan dengan baik. Dalam surat itu juga menjelaskan bayi meninggal dunia dalam kandungan,” kata Umar saat ditemui Solopos.com di Polres Klaten, Senin.

Pada tulisan di secarik kertas itu juga ada pengakuan bahwa si penulis adalah seorang mahasiswa. Tetapi tidak disebutkan identitas orang tua bayi yang jasadnya ditemukan di depan kios wilayah Buntalan, Klaten, itu.

Polisi masih menyelidiki guna mengungkap orang tua bayi tersebut, termasuk berkoordinasi dengan seluruh polsek di wilayah Klaten. Sementara ini, jenazah bayi perempuan itu dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIY untuk proses autopsi.

Proses Autopsi

“Sementara jenazah bayi dibawa ke RS Bhayangkara [Polda DIY] untuk autopsi. Ini dilakukan untuk memperjelas apakah bayi itu meninggal di dalam kandungan atau di luar kandungan,” kata Umar.

Bidan Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Tina Farida Moestofa, sebelumnya mengatakan ada secarik kertas yang ditemukan di dekat jasad bayi itu. Kertas itu ditemukan di bawah bayi dan berisi pesan yang ditulis tangan.

“Itu secarik kertas bergaris. Surat ditemukan di bawah jenazah bayi. Jadi di bawahnya itu ada kain sarung dan semacam sweater. Surat itu ditemukan paling akhir,” kata Tina.

Tina juga menjelaskan surat itu berisi pesan agar jasad bayi yang ditemukan di kios wilayah Buntalan, Klaten, tersebut dimakamkan dengan baik. Dalam surat itu dituliskan bayi meninggal di kandungan. Di surat itu juga tertulis orang yang diduga ibu bayi itu berumur 22 tahun dan hidup sendiri.

Seperti diberitakan sebelumnya, jenazah bayi perempuan ditemukan di depan salah satu kios tepi Jl Ir Soekarno, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Senin (23/10/2023) pagi. Belum diketahui siapa orang tua bayi tersebut.

Jenazah bayi itu ditemukan terbungkus kain dengan bagian luar terbungkus tas kresek. Bayi itu diperkirakan belum lama dilahirkan. Jenazah bayi ditemukan dalam kondisi terbungkus kain serta plastik. Bayi memiliki panjang sekitar 48 sentimeter dan berat sekitar 2,8 kg hingga 3 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya