SOLOPOS.COM - Suasana pengunjung di Umbul Pelem, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Jumat (12/4/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Destinasi wisata air di Klaten mulai dibanjiri wisatawan di momen libur Lebaran kali ini. Diprediksi, puncak kunjungan terjadi pada Sabtu-Minggu (13-14/4/2024).

Berdasarkan pantauan Jumat (12/4/2024) sekitar pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB, arus lalu lintas di kawasan destinasi wisata air di wilayah Kecamatan Tulung dan Polanharjo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Arus lalu lintas terutama di menuju ke kawasan objek wisata cukup padat. Seperti ruas jalan di depan Umbul Ponggok. Begitu pula dengan ruas Jl Tegalgondo-Janti menuju sejumlah destinasi wisata air seperti Umbul Kemanten atau Umbul Manten, Umbul Pelem, serta kawasan pemancingan Janti. Begitu pula dengan akses menuju Objek Mata Air Cokro (OMAC).

Petugas kepolisian terlihat mengurai arus lalu lintas di beberapa objek wisata. Di sejumlah persimpangan, petugas Linmas disiagakan guna membantu memperlancar arus lalu lintas.

Di Umbul Kemanten atau Manten yang berlokasi di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, jumlah kunjungan mulai menunjukkan tren peningkatan pada hari kedua Lebaran atau Kamis (11/4/2024).

Lonjakan jumlah pengunjung destinasi wisata air yang dikelola BUMDes Sinergi Desa Sidowayah itu mencapai dua kali lipat dibandingkan hari sebelumnya.

Berdasarkan data dari Disbudporapar Klaten jumlah pengunjung Umbul Kemanten pada hari Lebaran atau Rabu (10/4/2024) 650 orang serta 1.638 orang pada hari kedua Lebaran atau Kamis (11/4/2024).

“Alhamdulillah ada peningkatan jumlah pengunjung. Kami yakin puncak kunjungan nanti di Sabtu-Minggu. Insyaallah ada peningkatan signifikan,” kata Kepala Desa Sidowayah, Mujahid Jaryanto, Jumat (12/4/2024).

Peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi di Umbul Pelem, Desa Wunut, Kecamatan Tulung. Destinasi wisata air yang dikelola BUMDes Sumber Kamulyan itu juga mengalami lonjakan pengunjung mulai Kamis.

Kades Wunut, Iwan Sulistya Setiyawan, mengatakan jumlah pengunjung pada hari Lebaran mencapai 984 orang dengan catatan pada hari Lebaran Umbul Pelem. Pada hari kedua Lebaran, jumlah kunjungan mencapai 3.615 orang.

“Insyaallah puncak kunjungan nanti di Sabtu-Minggu,” kata Iwan.

Direktur BUMDes Sumber Kamulyan, Sariyanto, menjelaskan jumlah pengunjung Umbul Pelem pada Jumat hingga pukul 14.00 WIB mencapai 4.200 orang. Dia juga memperkirakan puncak kunjungan terjadi pada Sabtu-Minggu.

Di sisi lain, Sariyanto menjelaskan beberapa pengunjung beberapa hari sebelumnya sudah reservasi untuk berkunjung ke Umbul Pelem pada akhir pekan ini. Sudah ada sekitar 10 reservasi.

“Walaupun kami sebenarnya tidak melayani itu [reservasi]. Tetapi ada yang meminta tempat untuk 100-150 orang untuk satu pemesanan itu. Kebanyakan untuk acara-acara trah,” kata Sariyanto.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Disbudporapar Klaten, jumlah kunjungan ke destinasi wisata di Klaten menunjukkan tren peningkatan mulai Kamis. Beberapa destinasi wisata yang banjir pengunjung seperti Umbul Ponggok, OMAC, Umbul Brondong, Umbul Kemanten, serta Umbul Nilo. Destinasi wisata alam perbukitan juga mulai ramai dikunjungi seperti Bukit Cinta, Bukit Sidoguro, serta kawasan Girpasang.

“Dari hasil pemantauan ada peningkatan kunjungan dibandingkan hari sebelumnya. Pengelola destinasi wisata juga menindaklanjuti hasil koordinasi dengan dinas agar melibatkan Puskesmas serta PMI. Selain itu TNI dan Polri untuk membantu mengurai arus lalu lintas. Alhamdulillah, jalan menuju objek wisata terpantau padat lancar,” kata Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya