SOLOPOS.COM - Kondisi jalan Kaliwuluh-Deles, Kemalang, Klaten, yang sedang dalam perbaikan pada awal Oktober 2023. (Instagram @dpuprklaten)

Solopos.com, KLATEN — Ruas Jl Deles Indah di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, kini sudah mulus lagi seiring perbaikan jalan di wilayah tersebut selama dua tahun terakhir.

Meski belum semua jalan rusak diperbaiki, kondisi jalan yang mulus membantu mengerek naik jumlah kunjungan wisatawan ke Deles Indah dan sekitarnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebelumnya, kondisi jalan yang juga menjadi jalur evakuasi saat erupsi Merapi serta akses ekonomi warga di lereng Gunung Merapi itu rusak parah. Kerusakan terjadi dari sisi atas dekat Pesanggrahan Paku Buwono (PB) X, Desa Sidorejo hingga Desa Bumiharjo, Kecamatan Kemalang, yang berbatasan dengan Desa Dompol.

Pada 2021, warga sempat protes lantaran jalan tak kunjung diperbaiki. Kemudian pada 2022, Pemkab mulai memperbaiki ruas jalan Deles-Kaliwuluh di wilayah Desa Sidorejo, dimulai dari sisi atas atau dekat Pesanggrahan PB X.

Perbaikan berlanjut pada 2023 dengan pengecoran jalan hingga ke wilayah Kaliwuluh. Kondisi jalan dari Deles hingga Kaliwuluh kini sudah dicor halus. Pada Sabtu (21/10/2023), sejumlah pekerja terlihat masih menyempurnakan perbaikan jalan.

Salah satu warga Dukuh Mbangan, Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, Ika, 23, mengatakan sekitar sebulan terakhir jumlah kunjungan ke kawasan wisata Deles Indah meningkat. Dia membenarkan jumlah pengunjung meningkat seiring kondisi jalan yang mulai mulus lagi.

Sebelumnya, jumlah pengunjung saat akhir pekan sekitar 20 orang. Belakangan, jumlah pengunjung meningkat menjadi 50-an orang saat akhir pekan.

“Rata-rata usia remaja. Kalau menghabiskan waktu di sini antara satu hingga dua jam,” kata Ika yang ikut mengelola salah satu warung di wilayah Deles Indah saat ditemui Solopos.com, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Sukiman, mengatakan kondisi jalan yang sudah mulus lagi memberikan kemudahan akses warga. Tak hanya itu, jalan yang mudah diakses mulai mendongkrak kunjungan wisatawan ke Deles Indah.

Dilintasi Truk Galian C

“Saat Sabtu-Minggu itu dibandingkan sebelumnya [ketika kondisi jalan rusak parah] meningkat 80 persen. Tetapi kalau dibandingkan dulu [ketika Deles Indah populer] itu ya belum. Tetapi saat ini mulai terlihat ada peningkatan. Kalau hari biasa banyak pesepeda [sampai ke wilayah Deles],” kata Sukiman.

Sukiman mengatakan masih ada ruas jalan yang hingga kini rusak parah dan belum tersentuh perbaikan. Dari total panjang jalan yang rusak sekitar 8 km, masih ada sekitar 2 km jalan yang belum diperbaiki.

Dia berharap perbaikan bisa dilanjutkan hingga sepanjang ruas jalan tersebut mulus lagi. “Harapannya perbaikan bisa disempurnakan. Selain itu ada pengawasan terhadap angkutan yang melintas tidak sesuai ketentuan,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, kondisi ruas jalan yang masih mengalami kerusakan berada di antara wilayah Desa Sidorejo hingga Bumiharjo. Kondisi jalan berlubang di beberapa lokasi jalan yang kerap dilintasi truk pengangkut material galian C.

Debu berterbangan ketika ada kendaraan yang melintas terutama truk. Ditemui Solopos.com beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanto, mengatakan ada tiga ruas jalan di wilayah lereng Gunung Merapi yang diperbaiki tahun ini.

Ketiga ruas itu yakni Kaliwuluh-Deles, Surowono-Jatirajek, serta Ngemplakseneng-Panggang. “Yang sudah selesai di Kaliwuluh-Deles. Untuk Surowono-Jatirajek pengerjaan sudah selesai tetapi belum tuntas,” kata Suryanto.

Pada 2024, ada sejumlah ruas jalan di wilayah Klaten yang diusulkan mendapatkan alokasi anggaran perbaikan. Ruas jalan itu menyebar ke berbagai wilayah termasuk ruas jalan di wilayah lereng Merapi.

“Untuk Kemalang yang kurang [belum diperbaiki] Dompol-Kaliwuluh tahun depan [diperbaiki]. Kemudian Pasar Kembang-Kadilajo juga tahun depan,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya