SOLOPOS.COM - Pekerja membersihkan puing-puing los mbako di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, yang ambruk akibat diterjang angin pada Rabu (3/1/2024). Foto diambil Kamis (4/1/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Los mbako atau tempat pengolahan tembakau di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, yang ambruk diterjang angin kencang pada Rabu (3/1/2024) siang bakal dibangun lagi, termasuk los mbako yang sebelumnya menjadi lokasi syuting serial Netflix Gadis Kretek.

Ada tiga los mbako yang ambruk akibat terjangan angin kencang pada Rabu sekitar pukul 13.00 WIB. Ketiga los mbako itu berada di area persawahan Desa Karanglo dan merupakan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 4.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Masing-masing los berukuran 12,5 meter x 100 meter. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Saat kejadian, ketiga los yang ambruk sedang kosong atau tidak ada aktivitas dan tidak pula ada tembakau yang disimpan. Nilai kerugian akibat ambruknya ketiga los mbako itu sekitar Rp400 juta.

Pada Kamis (4/1/2024), para pekerja membersihkan reruntuhan salah satu los mbako yang ambruk diterjang angin di Karanglo, Klaten, itu. Los mbako itu berkonstruksi bambu serta beratap rapak. Lokasinya di pinggir jalan tak jauh dari Balai Desa Karanglo. Bambu-bambu yang masih bagus ditata dan dipisahkan.

“Pertama nanti kami bersihkan dulu. Bambu yang masih bisa digunakan, kami gunakan lagi. Nantinya akan kami bangun lagi,” kata Asisten Manager Operasional PTPN I Regional 4, Agil, saat ditemui Solopos.com di sela pembersihan reruntuhan los mbako, Kamis.

Di Klaten, ada delapan los mbako milik PTPN yang tersebar di beberapa wilayah. Lima los mbako lainnya di Klaten dipastikan aman atau tidak terdampak angin kencang.

Los mbako menjadi gudang penyimpanan daun tembakau setelah dipanen. Tembakau yang ditanam menghasilkan daun kualitas ekspor untuk bahan cerutu. Dulu, tembakau yang ditanam dari jenis Vorstenlanden. Belakangan, jenis tembakau yang ditanam berganti ke varietas TBN H382.

Bangunan los mbako sudah menjadi bagian dari proses pengolahan daun tembakau hasil panen sejak masa kolonial Belanda. Los mbako menjadi gudang penyimpanan daun tembakau setelah panen hingga untuk mengeringkan daun.

Bentuk bangunannya yang unik membuat los mbako kerap menjadi spot selfie hingga foto prewedding. Sekitar Oktober 2022 silam, ada dua los mbako di Klaten yang digunakan sebagai lokasi syuting serial Gadis Kretek.

Salah satunya los mbako yang ambruk di Karanglo, Klaten, akibat diterjang angin kencang dan bakal dibangun lagi. Satu lokasi los mbako lainnya yang digunakan untuk syuting Gadis Kretek berada di Desa Menden, Kecamatan Kebonarum dan dipastikan aman dari terjangan angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya