SOLOPOS.COM - Atlet tenis meja peraih emas ASEAN Para Games 2022 (baju merah) berfoto bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan para pejabat lainnya di Balai Kota Solo, Selasa (19/12/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Ana Widyasari, atlet cabang olahraga tenis meja asal Solo peraih emas ASEAN Para Games 2022, bertugas sebagai pembina Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 dan Hari Ibu ke-95 2023 di Balai Kota Solo, Selasa (19/12/2023) pagi.

Ana Widyasari memimpin upacara Hari Bela Negara dan Hari Ibu dengan mengenakan pakaian adat Lampung. Upacara tersebut diikuti Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan istrinya juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Solo, Selvi Ananda.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Para peserta upacara mengenakan pakaian adat. Mayoritas peserta Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 dan Hari Ibu ke-95 2023 mengenakan pakaian adat Jawa Tengah (Tengah). Selvi Ananda misalnya mengenakan pakaian kebaya kuning bermotif bunga dengan jarit, sedangkan Gibran mengenakan beskap.

Pada kesempatan tersebut, Ana ditunjuk untuk memberikan pesan tentang bela negara tidak hanya ditunjukkan dalam bentuk angkat senjata untuk negara, namun berprestasi di bidang olahraga di kancah internasional.

Selain itu, Ana menjadi perwujudan wanita yang berprestasi dan mampu mengangkat nama Indonesia di kancah Internasional. Semangat bela negara dapat tercermin dalam semangat atlet untuk berjuang demi nama harum bangsa dan negara.

Dengan keterbatasan yang dimilikinya, Ana beserta atlet lainnya tetap berperan serta aktif bela negara. Sebagai informasi. Ana Widyasari merupakan salah satu atlet Kota Solo yang berlaga di ASEAN Para Games 2022 bersama 13 atlet asal Solo lainnya.

Pada gelaran tersebut tim para tenis meja Indonesia total mengumpulkan 27 emas, 16 perak, dan 22 perunggu untuk Kontingan Indonesia ASEAN Paragames.

Dalam kompetisi olahraga para atlet difabel se-ASEAN yang berlangsung sejak tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan raihan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu.

Adapun Peringatan Hari Bela Negara ke-75 mengusung tema Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju. Sementara tema peringatan Hari Ibu 2023 adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

Gibran menjelaskan Pemkot Solo ingin menonjolkan perempuan-perempuan hebat di Kota Solo. Perempuan memiliki peran besar dalam penanganan masalah yang dihadapi Kota Solo, antara lain stunting dan UMKM.

“Akhir-akhir ini upacara yang kami selenggarakan irupnya dari luar semua, dari Bawaslu, dari atlet,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya