SOLOPOS.COM - Bus PO Agra Mas melintasi jalan di Wonogiri, Minggu (24/3/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, WONOGIRI — Perusahaan Otobus (PO) Agra Mas menambah 12 unit armada baru untuk mengakomodasi pelanggan maupun penumpang mudik Lebaran 2024 yang diprediksi meningkat.

Kepala Operasional Agra Mas Wonogiri, Susanto ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Minggu (24/3/2024), mengatakan antusiasme masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan bus menjelang Lebaran sangat tinggi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Jadi dari animo masyarakat yang khususnya untuk pelanggan Agra Mas, kami kewalahan dengan unit yang sudah ada, makanya kami siapkan tambahan [bus],” kata dia.

Susanto mengatakan Agra Mas tidak ingin mengecewakan pelanggan lama. Jika tidak diantisipasi dengan menambah unit armada baru, dikhawatirkan pelanggan lama tidak kebagian tiket.

“Semakin mendekati Lebaran itu kan semakin meningkat, kami tidak mau pelanggan kami yang sudah biasa naik itu nanti tidak kebagian tiket,” kata dia.

Selain itu, penambahan unit armada bus baru tersebut juga bertujuan membantu pemulangan para pemudik khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Maka kami sebisa mungkin menyiapkan unit armada untuk kepentingan arus mudik,” lanjut dia.

Selain menambah unit armada, PO Agra Mas juga melakukan persiapan teknis seperti melakukan repair body sampai kesiapan unit armada itu sendiri. Dia mengatakan penumpang bus yang paling ramai ketika menjelang Lebaran seperti sekarang adalah tujuan-tujuan dalam kabupaten.

“Semua daerah, ke pelosok, seperti Purwantoro, Pracimantoro, Tirtomoyo, bahkan kami menjangkau Pacitan, Jawa Timur, yang lewat Wonogiri. Kalau untuk Ponorogo kami juga sudah ada lewat Solo. Sama kami juga menjangkau Malang,”kata dia.

Dia mengatakan penumpang mudik paling banyak dari daerah Jabodetabek. Pria asal Semarang itu mengatakan berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak kepadatan penumpang arus mudik terhadi pada H-7 Lebaran.

Sedangkan penumpang dari Wonogiri menuju Jabodetabek relatif pada saat yang sama. “Momen seperti ini biasanya dari sini ke barat itu sepi sekali. Maka kami lebih banyak menyediakan unit untuk kebutuhan dari barat,” kata dia.

Sebaliknya pada saat arus balik, penumpang yang keluar dari Wonogiri akan ramai dengan puncaknya pada H+3 sampai H+7 Lebaran. “Tapi untuk kesinambungannya, itu masih sampai H+20,” sambung dia.

Pada momen Lebaran, PO Agra Mas bisa melayani penumpang sampai 5.000 orang per hari. Angka tersebut meningkat drasti sebab pada hari-hari biasa penumpang Agra Mas hanya sekitar 1.000 sampai 1.500 orang per hari.

Dia mengatakan ketika Lebaran kenaikan harga tiket untuk penumpang bus tidak bisa dihindarkan. Saat ini PO Agra Mas memasang tarif reguler yakni Rp250.000 per penumpang. “Tapi nanti pasti akan naik, naiknya berapa belum tahu, kita mengikuti pasar,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya