SOLOPOS.COM - Kebakaran melanda lantai II salah satu rumah warga Desa Bendo, Kecamatan Pedan, Klaten, Minggu (18/2/2024). (Istimewa/dokumentasi Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATENKebakaran terjadi di rumah berlantai dua di Desa Bendo, Kecamatan Pedan, Klaten, Minggu (18/2/2024). Api menghanguskan lantai II rumah yang sekaligus menjadi tempat usaha.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, peristiwa itu dilaporkan ke Pos Damkar Klaten pukul 14.40 WIB. Petugas kemudian mendatangi lokasi dan tiba di lokasi yang berjarak sekitar 13 kilometer dari Pos Damkar Klaten sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Proses pemadaman kebakaran di rumah milik warga bernama Sukarti itu berlangsung sekitar 50 menit dan selesai pukul 15.50 WIB. Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, menjelaskan kebakaran terjadi di lantai II rumah tersebut.

Ukuran ruangan rumah di Pedan, Klaten, yang terbakar 4 meter x 5 meter dari total luas area 9 meter x 9 meter. “Lantai II itu menjadi ruang keluarga, ruang tidur, memasak, dan sebagainya. Sementara lantai I untuk usaha penjualan terpal,” kata Sumino saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Dari keterangan yang dihimpun tim Damkar, Sumino menjelaskan awalnya penghuni rumah memanasi sayur di lantai II. Dia kemudian turun ke lantai I karena ada tamu. Tiba-tiba, penghuni rumah mendengar suara letupan dari II. “Saat dicek ke lantai II ternyata api sudah membesar,” kata Sumino.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian kebakaran rumah di Pedan, Klaten, tersebut. Api melalap ruangan di lantai II beserta atap dan perabotan di dalamnya. Nilai kerusakan materiel ditaksir mencapai Rp121,5 juta.

Sumino menjelaskan tidak ada kendala berarti dalam pemadaman api tersebut. Sebelumnya, sukarelawan bersama warga sudah berupaya mencegah api tak merembet ke bangunan sekitarnya.

“Untuk pemadaman tadi kami banyak dibantu sukarelawan dan warga sekitar untuk melokalkan api agar tidak terjadi perembetan. Kami mengerahkan dua unit mobil damkar,” jelas Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya