SOLOPOS.COM - Bakal calon bupati (cabup) Sukoharjo dari Partai Golkar, Harjanto, saat menghadiri acara halalbihalal di Gedung Hapsari, Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com/R. Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO–Bakal calon bupati (cabup) Sukoharjo dari Partai Golkar, Harjanto, mulai berupaya menarik simpati masyarakat. Dia berjanji menggelontorkan anggaran Rp20 juta/rukun tetangga (RT), memberikan uang Rp50 juta bagi pelajar yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hingga membangun 200 sumur bor untuk mengatasi kekeringan di wilayah Sukoharjo bagian selatan.

Diberitakan sebelumnya, Pengurus DPD II Partai Golkar Sukoharjo resmi mengajukan Harjanto sebagai bakal cabup ke pengurus DPP Partai Golkar dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pengusaha pertambangan dan pegiat seni dan budaya itu berpeluang kuat mendapatkan rekomendasi dari partai sebagai tiket emas mengarungi hajatan demokrasi terbesar di Kabupaten Jamu.

Saat acara halalbihalal Partai Golkar Sukoharjo pada beberapa hari lalu, Harjanto diperkenalkan sebagai bakal cabup kepada ratusan kader partai dari 12 kecamatan. Kala itu, Harjanto diberi kesempatan untuk memberikan sambutan sekaligus memaparkan agenda prioritas jika terpilih sebagai kepala daerah.

“Ada sembilan program prioritas yang termuat dalam Nawa Karya Utama. Sektor infrastruktur, ekonomi, perdagangan, industri, budaya hingga religiusitas,” kata dia, Senin (6/5/2024).

Owner Studi 45 Sukoharjo itu memaparkan agenda prioritas lima tahun mendatang jika terpilih sebagai Bupati Sukoharjo.

Di bidang infrastruktur, Harjanto bakal menitikberatkan pada peningkatan akses jalan penghubung untuk memperkuat konektivitas antarwilayah. Misalnya, jalan Bulu-Watukelir, jalan Sukoharjo-Bekonang, jalan Mulur-Puhgogor, dan mempertahankan exit toll Kartasura.

Guna memberikan motivasi terhadap para siswa SMA yang diterima di PTN, Harjanto bakal memberikan reward berupa Rp50 juta. “Saya spill sedikit saja, bagi pelajar SMA yang diterima di PTN baik itu kedinasan maupun TNI-Polri. Ini penghargaan bagi generasi muda agar lebih semangat dan tekun dalam meraih cita-cita,” kata dia.

Pria kelahiran 15 Mei 1974 ini juga menjanjikan penyaluran dana insentif Rp20 juta/RT untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi. Sehingga, berimplikasi positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

Tak hanya itu, krisis air bersih di wilayah Sukoharjo bagian selatan menjadi salah satu agenda prioritas jika dia diberi amanah memimpin Sukoharjo. Harjanto bakal membangun 200 sumur bor di daerah langganan krisis air bersih wilayah Bulu, Weru, dan Tawangsari.

“Saya paham dan mengertai betul karena background pendidikan saya pertambangan. 200 Sumur bor itu bakal mengatasi krisis air bersih di Sukoharjo,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Sardjono, mengatakan telah menjalin komunikasi politik dengan parpol lain untuk membentuk koalisi besar. Dia juga mengajak parpol yang memiliki kursi di parlemen maupun nonparlemen untuk bergabung dalam koalisi tersebut.

Sardjono meyakini akan tercapai konsensus atau kesepakatan bersama antarparpol untuk membentuk koalisi menatap event politik lima tahunan di Kabupaten Jamu. Mesin politik, lanjutnya, siap dipanaskan jika sudah ada kesepakatan politik dengan parpol lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya