SOLOPOS.COM - Masyarakat memadati area car free day (CFD) di sepanjang Jl Veteran, Sukoharjo, Minggu (15/5/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-343, Kecamatan Kartasura mendapatkan hadiah izin menyelenggarakan car free day (CFD) dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. CFD tersebut akan diujicobakan dahulu selama dua bulan mulai Minggu (17/9/2023) mendatang.

Camat Kartasura, Ikhwan Sapto Darmono, menyampaikan izin CFD akhirnya diberikan setelah melalui proses panjang. Proses itu di antaranya studi banding ke kecamatan tetangga yakni Colomadu, Karanganyar hingga pemaparan konsep di hadapan pimpinan 12 organisasi perangkat daerah (OPD).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“CFD akan digelar di Jl. Slamet Riyadi Kartasura,” ungkap Ikhwan saat ditemui Solopos.com di Gedung DPRD Sukoharjo, Rabu (13/9/2023).

Untuk memeriahkan CFD perdana di Kartasura akan diadakan sejumlah acara di antaranya flashmob tarian Kebo Kinul, senam kompak, hingga Festival Internasional Bebek Korek Kartasura. Dalam festival masakan bebek yang diklaim bakal jadi yang terbesar tersebut, masyarakat disediakan makan gratis mulai pukul 07.00 WIB.

Ikhwan berharap Pemerintah Kecamatan Kartasura ke depan dapat merangkul masyarakat agar semakin maju, rukun, dan kompak untuk mewujudkan Sukoharjo yang lebih makmur.

“Memang banyak yang menyebut warga Kartasura unik dan rumit, namun semuanya dapat dirangkul kalau memiliki tujuan yang sama yakni memajukan Kartasura. Kemajuan Kartasura tidak mungkin dicapai sendiri tanpa kolaborasi masyarakat dan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris HUT ke-343 Kartasura, Budi Cahyono, mengatakan panggung hiburan musik, pentas seni budaya potensi kartasura juga digelar sejak Sabtu-Minggu (9-17/9/2023) pada pukul 19.00 WIB di Benteng Petilasan Keraton Kartasura.

“Ada tiga panggung hiburan yang disuguhkan dengan pengisi dari seniman dan seniwati Kartasura. Tiga panggung tersebut ada di sisi utara, tengah dan Selatan,” ungkap Budi.

Setiap hari selama kegiatan di masing-masing panggung akan diisi dengan hiburan berbeda. Pentas musik itu berlangsung bersamaan dengan bazar UMKM bertajuk Kartasura Fair pada 8-17 September 2023.

“Bazar UMKM/Kartasura Fair 2023 diikuti lebih dari 400 pedagang baik warga sekitar  maupun dari di luar Kartasura. Animo masyarakat sangat luar biasa di Bazar UMKM ini,” ungkap Budi.

Pada Senin (11/9/2023) lalu digelar acara Umbul Donga. Bedah Sejarah akan digelar Kamis (14/9/2023) di Selasar Keraton Kartasura. Di tempat yang sama akan digelar juga Pergelaran Wayang Kulit pada Sabtu (16/9/2023) juga.

Sebelumnya panitia juga telah digelar Seminar Nasional dengan tema Muatan Sejarah Lokal dalam Kurikulum Sekolah bersama dengan Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta di Gedung Aula Lantai 4 FAB UIN RM Said Surakarta, Jumat (8/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya