SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, bersama jajaran Baznas Klaten dan penerima bantuan berfoto seusai penyerahan bantuan di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (9/11/2023). (Istimewa/Bagian Prokopim Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Klaten menyalurkan bantuan untuk asnaf fakir miskin pada program kemanusiaan rehab rumah tak layak huni (RTLH), bantuan perbaikan rumah rusak (BPRR), dan bantuan pembangunan jamban.

Total nilai bantuan yang disalurkan sekitar Rp1,5 miliar. Penyaluran bantuan dilakukan di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (9/11/2023) siang. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua Baznas Klaten, Muchlis Hudaf, mengatakan bantuan rehab RTLH untuk 100 unit dengan masing-masing penerima mendapatkan Rp12 juta. Sementara total bantuan untuk BPRR senilai Rp53 juta.

Nilai bantuan untuk masing-masing penerima pada program BPRR itu bervariasi tergantung kondisi kerusakan rumah. Sementara bantuan pembangunan jamban, Baznas Klaten mengalokasikan sebanyak 100 unit dengan masing-masing nilai bantuan Rp2,5 juta.

Total bantuan yang disalurkan Rp1,503 miliar. Bantuan difokuskan ke keluarga kategori miskin ekstrem yang tersebar di 22 kecamatan. Sumber dana bantuan berasal dari para muzaki yang menyalurkan zakat mereka melalui Baznas Klaten.

“Kepada semua yang berzakat, semoga Allah memberkati hartanya, membersihkan hati, jasmani, dan rohaninya. Semoga Allah juga memudahkan perolehan rezeki secara bersih, halal, dan berkah,” kata Muchlis.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan terima kasih kepada Baznas Klaten yang selama ini berkolaborasi dengan Pemkab untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bersinar.

“Selain itu dengan kolaborasi yang terjalin dengan kuat ini, Baznas Klaten juga mampu membantu masyarakat Klaten yang mengalami kedaruratan. Misalnya saat ada masyarakat yang terkena musibah kebakaran, Baznas dengan sigap membantu bersama BPBD, CSR, dan lainnya,” kata dia.

Mulyani berharap kolaborasi Pemkab dengan Baznas bisa terus terjalin dan semakinn kuat untuk membangun Klaten semakin sejahtera. Pada kesempatan itu, Mulyani berpersan kepada para penerima untuk memaksimalkan bantuan sesuai peruntukan.

“Saya mengimbau kepada ASN di Klaten jajaran BUMD untuk berzakat di Baznas. Zakat disalurkan kepada yang berhak,” kata Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya