SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, berfoto bersama atlet saat pelepasan kontingen yang akan berlaga di Popda Jawa Tengah di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di kompleks Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (14/6/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO–Tiga cabang olahraga (cabor) diandalkan meraih medali emas oleh kontingen Kabupaten Sukoharjo dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2024. Kontingen Popda Sukoharjo menargetkan memperbaiki posisi peringkat dari rangking 10 menjadi rangking sembilan atau delapan.

Acara seremoni pelepasan kontingen Sukoharjo yang akan bertanding di ajang Popda Jawa Tengah 2024 digelar di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di kompleks Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (14/6/2024). Acara itu dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani; Sekda Sukoharjo, Widodo, dan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho serta puluhan atlet dan pelatih.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang (Kabid)  Keolahragaan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo Yudi Saharjo mengatakan tiga cabor andalan kontingen Popda Sukoharjo adalah taekwondo, tenis lapangan dan renang. Para atlet asal Sukoharjo di tiga cabor itu kerap menyabet medali emas di ajang olahraga pelajar tingkat provinsi.

“Kontingen Sukoharjo bakal berlaga di 18 cabor di ajang Popda Jawa Tengah 2024 di Kota Semarang. Ajang Popda Jawa Tengah 2024 dibagi dua tahap. Tahap I dilaksanakan pada 20 Juni-23 Juni. Sedangkan, tahap II dilaksanakan pada 24 Juni-27 Juni,” kata dia.

Jumlah kontingen Sukoharjo sebanyak 76 atlet dan 34 pelatih dan official. Ajang Popda Jawa Tengah dilaksanakan berdasarkan kriteria kelompok umur. Kontingen Sukoharjo menargetkan mampu memperbaiki posisi rangking di jajaran 10 besar.

Saat gelaran Popda Jawa Tengah 2023, kontingen Sukoharjo berhasil menyodok masuk 10 besar. Kala itu, kontingen Sukoharjo menempati rangking 10. “Harapannya bisa naik satu atau dua rangking. Tapi ya mudah-mudahan bisa menembus lima besar. Kami mendoakan para atlet mendapatkan hasil terbaik dan maksimal,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan para atlet yang menorehkan tinta emas bakal diberi reward atau penghargaan oleh pemerintah. Hal ini bagian dari wujud apresiasi dan perhatian pemerintah terhadap para atlet dan pelatih yang telah berjuang mati-matian di ajang olahraga.

Dalam kesempatan itu, Etik menyerahkan uang pembinaan untuk atlet peraih medali di ajang Popda tingkat Karesidenan Surakarta 2024 di Kabupaten Sragen. Kontingen Sukoharjo mencatatkan prestasi dengan menorehkan 36 medali. Perinciannya tujuh medali emas, 13 medali perak, dan 16 medali perunggu.

“Potensi bibit atlet muda bertalenta tinggi di Sukoharjo tak kalah dibanding daerah lain di Jawa Tengah. Bibit atlet bertalenta ini berpotensi mewakili Sukoharjo di ajang olahraga level nasional maupun internasional,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya