SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Kota Wonogiri pada Jumat (24/7/2020). Rencananya mulai Minggu (26/7/2020), pasar akan ditutup sementara selama satu pekan. Karena salah seorang pasien positif Covid-19 di Wonogiri ada yang mempunyai aktivitas intensif di pasar tersebut. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melawat ke Wonogiri untuk menemui warga pada Kamis (1/2/2024). Orang nomor satu di Indonesia itu akan mengunjungi Pasar Kota Wonogiri kemudian ke Lapangan Krisak, Selogiri, untuk bertemu nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kepala Seksi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengatakan Presiden Jokowi akan berkunjung ke Pasar Wonogiri pada Kamis pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Presiden direncanakan menyapa warga pasar sekaligus memantau harga sejumlah komoditas di pasar tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dari pasar, Presiden Jokowi bakal bergeser ke Lapangan Krisak di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Di sana Presiden akan bertemu sejumlah nasabah PNM Wonogiri.

“Besok ada dua tempat yang akan dikunjungi Presiden, Pasar Kota [Wonogiri] dan Lapangan Krisak,” kata Anom saat dihubungi Solopos.com, Rabu (31/1/2024).

Anom mengatakan semua area yang akan dikunjungi Presiden Jokowi dalam lawatannya ke Wonogiri sudah diamankan personel gabungan Polri dan TNI. Geladi bersih pengamanan sudah dilakukan pada Selasa (30/1/2024).

Geladi itu untuk memastikan semua objek kunjungan Jokowi bebas dari gangguan keamanan dan ketertiban. Dia menambahkan Presiden juga dijadwalkan bermalam di salah satu hotel di Wonogiri setelah berkunjung di Sukoharjo.

Kepala Desa Singodutan, Karsanto, menyampaikan Lapangan Krisak di Desa Singodutan akan menjadi tempat pertemuan antara Presiden Jokowi dengan nasabah PNM. Peserta pertemuan itu diperkirakan sebanyak 5.000 orang yang merupakan nasabah PNM.

Lokasi yang akan digunakan pertemuan itu sudah disiapkan panitia. Pemerintah desa hanya membantu persiapan tersebut.

Salah satu pedagang Pasar Kota Wonogiri, Nevi Dwi Cahyani, mengaku sudah mendapatkan kabar lawatan Presiden Jokowi sejak Selasa. Dia dan pedagang lain sudah diberi tahu dinas terkait. Tidak ada instruksi khusus untuk pedagang dari pemerintah setempat dalam menyambut Presiden.

“Kalau Presiden bisa lewat kios saya, pasti senang. Nanti ajak salaman dan foto. Kayak kemarin waktu Pak Ganjar Pranowo datang ke sini,” ujar pedagang sembako itu.

Hal yang sama diungkapkan pedagang aneka pangan lain di Pasar Wonogiri, Kesti. Pada Selasa lalu, pegawai dinas, anggota TNI, dan pasukan pengamanan Presiden sudah berkeliling mengecek kondisi pasar. Dia berharap bisa berbincang dengan Jokowi.

”Semumur-umur belum pernah lihat langsung Pak Jokowi. Semoga besok lewat sini dan semoga setelah ke sini, harga-harga sembako yang naik bisa turun,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya