SOLOPOS.COM - Ilustrasi air bersih. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten mulai mendistribusikan bantuan air bersih ke beberapa desa di wilayah lereng Gunung Merapi. Bantuan itu bergulir seiring mulai ada pengajuan permintaan dari sejumlah desa.

Bantuan air bersih itu mulai didistribusikan ke desa-desa di lereng Merapi Klaten pada Senin (10/6/2024). Desa-desa yang sudah mengajukan permintaan dropping air bersih berada di Kecamatan Kemalang serta Jatinom.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Syahruna, menjelaskan desa-desa yang sudah mengajukan permintaan bantuan air bersih itu meliputi Desa Kendalsari, Tlogowatu, serta Sidorejo di Kecamatan Kemalang.

Di Kecamatan Jatinom ada Desa Bandungan. “Mulai hari ini kami dropping air bersih,” kata Syahruna saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (10/6/2024).

Syahruna menjelaskan untuk mengantisipasi krisis air bersih, Pemkab sudah menyiapkan alokasi anggaran melalui APBD Klaten untuk penyaluran bantuan air bersih. Alokasi anggaran yang disiapkan sekitar Rp250 juta dan diperkirakan bisa untuk menyediakan 500 tangki air.

Diperkirakan, jumlah desa yang terdampak krisis air bersih tahun ini berkurang. Apalagi, di beberapa daerah yang sebelumnya menjadi langganan krisis air bersih mulai teraliri air dari sumur Pamsimas maupun sambungan air PDAM.

Selain itu, kemarau tahun ini diprediksi tak sepanjang kemarau tahun lalu. “Sesuai perkiraan BMKG, musim kemarau berlangsung selama empat hingga lima bulan,” kata Syahruna.

Pada tahun lalu atau 2023, ada 26 desa tersebar di 10 kecamatan yang terdampak krisis air bersih tahun lalu atau pada 2023. Kecamatan itu meliputi Kecamatan Bayat, Kemalang, Jatinom, Karangdowo, Wedi, Prambanan, Trucuk, Karangnongko, Cawas, dan Gantiwarno.

Jumlah total air bersih yang didistribusikan selama tujuh bulan sejak Juni hingga Desember 2023 hampir 1.000 tangki atau tepatnya 964 tangki setara 4,8 juta liter air bersih.

Sebanyak 724 tangki air bersih didistribusikan BPBD Klaten dan 240 tangki didistribusikan oleh elemen masyarakat. Sementara itu, jumlah penerima manfaat bantuan air bersih selama 2023 sebanyak 8.442 keluarga atau 30.176 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya