SOLOPOS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo menyalurkan sejumlah air bersih di lokasi dampak kekeringan Sukoharjo, Rabu (8/11/2023). (Istimewa/BPBD Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukoharjo menyebut intensitas hujan belum merata di Sukoharjo. Kondisi tersebut menyebabkan dropping air bersih terus dilakukan untuk menyuplai kebutuhan air sebagian warga Sukoharjo yang masih krisis air.

Dropping air bersih terus dilakukan. Sampai dengan Rabu [8/11/2023] sejumlah 2.317.000 liter sudah disalurkan,” jelas Kepala BPBD Sukoharjo, Ariyanto Mulyatmojo, Rabu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat ini masih ada 50 dukuh di 18 desa di tiga kecamatan yang masih kesulitan air bersih. Di antaranya Weru, Tawangsari, dan Bulu. Kekeringan tersebut melanda 3.370 keluarga dengan 12.236 jiwa. Jumlah tersebut bertambah setelah sebelumnya hanya sejumlah 49 dukuh terdampak.

Bantuan air bersih terbanyak disalurkan ke Kecamatan Weru yakni 301 tangki atau 1,37 juta liter. Lalu disusul Bulu dengan 126 tangki atau 578.000 liter air, serta Tawangsari sebanyak 84 tangki atau 369.000 liter air.

Ariyanto memprediksi kekeringan masih akan terjadi hingga akhir November. Jumlah warga terdampak kekeringan masih berpotensi bertambah.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan akan membuat sumur dalam demi mengatasi kekeringan. “Saat ini memang sumur-sumur milik warga sudah kering, ke depan Pemkab  Sukoharjo telah menyiapkan progam bantuan pembuatan sumur dalam sebagai bentuk penanganan ke depan terkait kekeringan,” jelasnya.

Bupati juga meminta warga yang mengalami kekurangan air bersih untuk melapor ke pemangku daerah setempat seperti kepala desa hingga camat. Agar selanjutnya kesulitan tersebut dilaporkan ke bupati dan segera dikirimkan bantuan air bersih.

“Setiap hari ada pengiriman air bersih untuk warga yang berasal dari Pemkab serta instansi lainnya. Mudah-mudahan kiriman air bersih ini dapat membantu dan bermanfaat bagi warga,” ungkap bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya