SOLOPOS.COM - Suasana tempat keceh yang menjadi spot baru di Umbul Manten, Desa Sidowayah, kecamatan Polanharjo. (Istimewa/BUMDes Sinergi)

Solopos.com, KLATEN – Memasuki momen Lebaran, Umbul Kemanten atau yang kerap disebut Umbul Manten memiliki sejumlah daya tarik baru. Selain memiliki akses keluar-masuk dan tempat parkir luas, Umbul Manten kini memiliki sejumlah kolam renang baru.

Umbul Manten dikelola BUMDes Sinergi Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Destinasi wisata air itu dikenal dengan suasananya yang nyaman untuk bersantai. Kolam renangnya berasal dari sumber alami hingga airnya terasa lebih menyegarkan. Saking jernihnya, dasar kolam bisa terlihat dari permukaan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Beberapa waktu terakhir, ada perluasan kawasan Umbul Manten di sisi utara. Perluasan itu mulai terlihat dan bisa dinikmati pada momen Lebaran ini dan menjadi pintu masuk utama. Lokasinya berada di sisi utara Umbul Manten.

Jika dari arah Solo menuju ke Tulung di ruas jalan Tegalgondo-Janti hingga simpang empat Wunut atau di dekat pancingan 100, pengunjung belok ke kanan atau menuju ke utara. Beberapa meter melintas di ruas jalan perbatasan Klaten-Boyolali itu, ada papan petunjuk menuju ke Umbul Manten.

Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Mujahid Jaryanto, mengatakan pada momen Lebaran ini ada tambahan dua kolam renang. Satu kolam renang dewasa dan satu kolam anak-anak. Selain itu, kini Umbul Manten memiliki tempat parkir yang luas.

“Ada tambahan dua kolam renang. Satu kolam renang dewasa dan satu kolam anak. Di pintu utara itu ada satu limasan dan joglo besar agar wisatawan lebih nyaman. Tempat parkir ada di sebelah utara dan tempatnya luas bisa untuk menampung sekitar 40-50 mobil,” kata Mujahid saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (12/4/2024).

Selain itu, ada sekitar 1.000-2.000 meter persegi tempat keceh sembari menikmati sajian kuliner. Air di tempat keceh itu berasal dari sumber mata air alami. “Walau keceh di sana lama-lama, pengunjung tidak merasa gatal,” jelas dia.

Mujahid menambahkan kolam renang di sumber alami masih ada. Alhasil, wahana di Umbul Manten semakin komplit dengan penambahan lahan di sisi utara itu serta tempatnya kini lebih luas. Selain wisata air, Umbul Manten memiliki daya tarik lain yakni pendapa, warung, gazebo, dan lain-lain.

Mujahid juga menjelaskan Umbul Manten kini buka hingga malam yakni pukul 21.00 WIB. Pengunjung kini bisa berlama-lama di Umbul Manten. Pengunjung bisa menikmati sajian kuliner hingga malam.

“Lampu-lampu di sana kami tata sedemikan rupa agar lebih menarik hingga menawarkan pemandangan alam dan pengunjung bisa sambil keceh,” ungkap dia.

Direktur BUMDes Sinergi, Hartoyo, menjelaskan harga tiket masuk Umbul Manten tetap sama yakni Rp10.000 per orang. Sementara, jam buka Umbul Kemanten dimulai sejak pukul 05.30 WIB dan beberapa waktu terakhir buka hingga malam.

“Saat ini Umbul Kemanten buka sampai pukul 21.00 WIB. Ada fasilitas baru di Umbul Kemanten yakni kolam buatan dan resto,” jelas Hartoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya