SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di jalur fungsional tol Solo-Jogja di wilayah Klaten, Jumat (12/4/2024) siang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 10.073 kendaraan melintas di jalur fungsional tol Solo-Jogja di hari pertama pemberlakuan satu arah untuk arus balik yakni dari Klaten menuju Colomadu, Jumat (12/4/2024). Kendaraan-kendaraan masuk tol fungsional melalui tiga gerbang.

Ketiga gerbang tol fungsional itu berada di Klaten masing-masing di Ceper, Ngawen, serta Karangnongko. Berdasarkan data traffic counting Operasi Ketupat Candi 2024, Sebanyak 5.670 kendaraan masuk tol fungsional melalui gerbang di Ceper.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Jumlah kendaraan yang masuk jalur fungsional setiap jamnya fluktuatif antara 300-700 unit per jam antara pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jumlah kendaraan terbanyak yang masuk melalui gerbang tol di Ceper terjadi antara pukul 14.00 WIB-15.00 WIB sebanyak 765 unit.

Sementara itu, sebanyak 3.390 kendaraan masuk tol melalui gerbang di Ngawen. Jumlah kendaraan yang masuk jalur fungsional melalui Ngawen setiap jamnya juga fluktuatif antara 100-400 unit per jam antara pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Jumlah kendaraan terbanyak yang masuk melalui gerbang tol di Ngawen terjadi antara pukul 14.00 WIB-15.00 WIB sebanyak 488 unit.

Akses masuk tol Solo-Jogja melalui Karangnongko juga dibuka pada hari pertama pemberlakuan arus balik. Kendaraan masuk melalui gerbang tol fungsional di Karangnongko baru dimulai pukul 10.00 WIB.

Jumlah total kendaraan yang masuk jalur fungsional melalui Karangnongko antara pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB sebanyak 1.013 unit.

Sebagai informasi PT Jasamarga Jogja Solo membuka tol Solo-Jogja untuk jalur fungsional selama 11 hari, Jumat-Senin (5-12/4/2024). Selama arus mudik, arah arus tol fungsional diberlakukan dari Gerbang Tol (GT) Colomadu/GT Banyudono menuju Ngawen, Klaten sepanjang 22 km.

Jalur fungsional hanya dibuka saat pagi hingga sore antara pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Ada dua pintu keluar tol fungsional yang efektif dibuka selama arus mudik berada di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper melalui GT Karanganom dengan titik keluar terhubung jalan raya Solo-Jogja.

Satu pintu keluar berada di Ngawen yang terhubung jalan Klaten-Jatinom menuju ke arah kota Klaten. Satu pintu keluar yakni di Karangnongko disiapkan, namun dibuka ketika kondisi tertentu.

Sementara itu, jalur fungsional tol Solo-Jogja masih dibuka antara Jumat-Senin (12-15/4/2024) dengan jam pembukaan tetap sama yakni pukul 06.00 WIB-17.00 WIB serta kendaraan yang diizinkan melintas masih sama yakni hanya untuk tipe kendaraan golongan 1 atau roda empat nonbus.

Namun, arah arus kendaraan diberlakukan sebaliknya yakni dari Ngawen menuju Colomadu. Akses menuju tol fungsional di Ngawen dan Ceper yang sebelumnya menjadi exit tol, pada periode 12-15 April 2024 menjadi akses masuk menuju jalur fungsional tol Solo-Jogja.

Titik keluar jalur fungsional berada di GT Colomadu/GT Banyudono yang saat arus mudik berfungsi sebagai akses masuk.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, menjelaskan akses masuk di Ceper juga difungsikan sebagai akses pintu keluar tol fungsional.

“Untuk Ceper nanti juga sebagai pintu keluar. Jadi masuk melalui Ngawen nanti bisa keluar di Ceper menuju jalan arteri [jalan raya Solo-Jogja menuju ke arah Delanggu dan Solo] untuk memecah arus,” kata Kasatlantas saat ditemui di Ngawen, Kamis (11/4/2024) petang.

Kasatlantas mengimbau warga yang akan melintasi tol fungsional tetap hati-hati dalam berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan instruksi petugas kepolisian yang disiagakan.

“Kami sudah siapkan CB [cara bertindak] terkait eskalasi lalu lintas. Imbauan kami tetap berhati-hati, jaga kesehatan baik orang maupun kendaraan,” kata Kasatlantas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya