SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas di acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023 di Lantai X Gedung Menara Wijaya Kabupaten Sukoharjo, Senin (11/12/2023). (Istimewa/Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukoharjo menggelar Acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023 dan Penyerahan Alat Bantu bagi Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia Tahun Anggaran 2023. Kegiatan itu digelar di lantai X Gedung Menara Wijaya Kabupaten Sukoharjo, Senin (11/12/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyebut penyandang disabilitas merupakan salah satu potensi kekuatan. Ia meminta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama melakukan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Mari bersama-sama kita ciptakan ruang sehingga saudara-saudara kita penyandang disabilitas mampu berperan secara aktif dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan potensi yang dimiliki,” ajak Bupati Etik.

Menurutnya peringatan Hari Disabilitas Internasional merupakan sebuah bentuk pengakuan akan eksistensi kaum berkebutuhan khusus tersebut. Hal itu sekaligus sebagai upaya meneguhkan komitmen seluruh anak bangsa untuk membangun kepedulian terhadap penyadang disabilitas.

Selain itu peringatan tersebut bertujuan menggugah kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya upaya pemajuan, perlindungan, serta pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Penyandang disabilitas adalah warga Negara Indonesia, memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan sesama warga negara lainnya. Mereka memiliki kedudukan yang setara dan kesempatan yang sama dalam mengakses fasilitas publik,” kata Etik.

Negara telah menjamin penyandang disabilitas memiliki kedudukan hukum dan hak asasi yang sama. Etik meminta penyandang disabilitas tidak lagi distigmakan negatif.

“Melalui kegiatan ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat dan juga kepada seluruh jajaran pemerintah di Kabupaten Sukoharjo, untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas,” tegas Etik.

Etik berharap akan ada peningkatan partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pembangunan dan mendorong terbukanya akses layanan publik yang ramah disabilitas.

“Mari kita terus berupaya keras agar Kabupaten Sukoharjo menjadi rumah yang semakin ramah, semakin nyaman, sebagai rumah harapan bagi penyandang disabilitas untuk terus berkarya meniti jalan kemajuan dan meraih prestasi,” ajak Bupati.

Dalam kesempatan yang sama ada penyerahan bantuan berupa 13 kursi roda dan 1 kaki palsu bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia. Etik berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat bagi semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya