SOLOPOS.COM - Tangkapan layar penghitungan suara real count KPU hingga Sabtu (17/2/2024) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI pendatang baru di Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah (Jateng), Dwi Purwanto, masih memimpin perolehan suara di antara para Caleg Partai Demokrat, berdasarkan real count KPU, hingga Sabtu (17/2/2024) siang.

Hingga pukul 10.36 WIB, Caleg asal Kabupaten Boyolali tersebut mendapatkan 46.162 suara, unggul jauh dari Caleg lain dari Partai Demokrat di Dapil yang sama. Dapil V Jateng meliputi Kota Solo, Klaten, Boyolali, dan Sukoharjo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Caleg lain Partai Demokrat di Dapil V Jateng seperti One Krisnata dari Klaten. Caleg nomor urut 2 tersebut mendapatkan 10.816 suara. Perolehan sementara suara para Caleg itu mendasarkan 67,79 persen suara masuk di Dapil tersebut.

Bila ditilik dari perjalanan politiknya, perolehan suara sementara Dwi Purwanto itu terbilang fantastis. Sebab dia baru kali pertama maju sebagai Caleg DPR RI. Sejauh ini perolehan suara dia juga unggul dari Caleg petahana DPR RI dari parpol lain.

Seperti Caleg Partai Nasdem, Eva Yuliana, yang mendapatkan 41.771 suara. Perolehan suara Dwi juga tidak jauh dari raihan suara Caleg petahana PDIP, Aria Bima di angka 53.488 suara, serta Caleg petahana PKS, Abdul Kharis Almasyhari.

Kharis, panggilan akrabnya, mendapatkan 48.879 suara hingga Sabtu siang. Namun menilik real count KPU belum mencapai 100 persen, dipastikan perolehan suara para Caleg itu akan terus berubah. Peta politik akan sangat dinamis ke depannya.

Di sisi lain, Dwi Purwanto merupakan Caleg dengan latar belakang pengusaha konveksi. Dia terbilang aktif di masa kampanye Pemilu 2024, dengan memasang banyak baliho dan spanduk.

Baliho dan spanduknya juga terbilang unik. Sebab dia menggunakan jargon “Cah Ndeso Menuju Senayan” untuk menyebut dirinya. Baliho dan spanduk Dwi banyak dipasang di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya