SOLOPOS.COM - Bondan Sejiwan Boma Aji. (dprd.jatengprov.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Partai Golkar menempati urutan kedua dalam penghitungan suara sementara Pemilu Legislatif 2024 untuk DPRD Provinsi Jawa Tengah Daerah Pemilihan VI yang meliputi Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri.

Perolehan suara Partai Golkar berada di bawah PDIP. Hal itu berdasarkan hasil penghitungan suara sementara di laman KPU dengan progres data masuk 63,22% dari total 10.516 TPS di Jawa Tengah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pantauan Solopos.com di laman pemilu2024.kpu.go.id, berdasarkan pembaruan terakhir pada Sabtu (17/2/2024) pukul 19.30 WIB, caleg petahana DPRD Jateng dari Partai Golkar, Bondan Sejiwan Boma Aji, memperoleh suara terbanyak di antara caleg Partai Golkar lainnya di dapil yang sama.

Bondan sudah mengumpulkan suara sebanyak 50.472 suara atau 41,07% dari akumulasi sementara perolehan suara Golkar dan calegnya di dapil itu. Caleg lain dari Golkar yang mampu memperoleh lebih dari 30.000 saura yaitu Catur Agus Saptono.

Sementara perolehan suara delapan caleg Golkar lainnya untuk sementara masih di bawah 10.000 suara. Dimintai tanggapannya mengenai hal itu, Bondan mengatakan pada Pemilu 2019, Golkar hanya mendapatkan jatah satu kursi di Dapil VI DPRD Jateng. Kursi itu dia yang menduduki.

Pada Pemilu 2024 ini, DPW Partai Golkar Jawa Tengah menargetkan dua kursi di Dapil VI. Dia menyebutkan target itu masih cukup realistis. Ketua DPD Golkar Wonogiri itu menyampaikan saat ini internal partainya masih terus menghitung perolehan suara Pemilu 2024.

Meski berdasarkan hitung suara sementara KPU perolehan suaranya paling unggul dan suara parpol Golkar berada di peringkat kedua, dia tidak mau gegabah menyimpulkan apakah akan kembali mendapatkan jatah kursi atau tidak.

PDIP Tertinggi

Kendati demikian, dia optimistis setidaknya Partai Golkar tetap akan mempertahankan kursi yang telah didapatkan di Dapil VI DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Ini kami masih terus menghitung suara. Dari internal Golkar kami melakukan penghitungan tetapi belum bisa kami buka ke publik,” kata Bondan kepada Solopos.com, Minggu (18/2/2024).

Menurut Bondan, siapa pun nanti yang terpilih menduduki kursi DPRD Provinsi Jateng dari Partai Golkar, hal itu merupakan fakta yang harus diterima. Masyarakat sudah memilih siapa yang mereka inginkan.

Para caleg yang berkontestasi dalam Pemilu 2024 di Dapil VI juga sudah bekerja keras agar meraih suara sebanyak-banyaknya. “Mereka pahlawan-pahlawan demokrasi. Maka siapa pun nanti yang menang, mereka lah yang memang dipilih rakyat melalui proses yang demokratis,” ujar dia.

Di sisi lain, dia tidak memungkiri PDIP memang parpol yang unggul dalam meraih suara di dapil VI. Data sementara perhitungan suara KPU hingga Sabtu malam, perolehan suara PDIP sudah mencapai 302.486 atau 39,86% dari total suara sah.

Caleg petahana DPRD Jateng dari PDIP di dapil itu yang memperoleh suara tinggi yakni Sumanto sebanyak 90.908 suara. Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Satya Graha, mengatakan saat ini rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Wonogiri masih dalam proses.

Menurunya rekapitulasi dimungkinkan baru selesai pada dua atau tiga hari ke depan. “Ini kami masih himpun data rekapitulasi suara dari kecamatan-kecamatan dulu. Ada beberapa kendala, misalnya masih ada data yang belum masuk ke Sirekap karena terkendala server,” kata Satya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya