SOLOPOS.COM - PAN. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Jumlah kursi PAN di DPRD Sukoharjo dalam Pemilu 2024 diperkirakan menyusut dibanding Pemilu 2019. Sebelumnya, partai berlambang matahari terbit itu mengamankan lima kursi legislatif, kini menyusut menjadi tiga kursi saja.

PAN kehilangan kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 dan 5. Sementara tiga partai politik (parpol) lain di Sukoharjo berpotensi menambah kursi. Ketiganya yakni PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pada 2019, PAN mampu meraih lima kursi legislatif di masing-masing dapil. Lima kursi legislatif itu diraih Sunoto di Dapil 3, Suryadi di Dapil 4, Narno Raharjo di Dapil 2, Heri Purwanto di Dapil I, dan Agus Winarno di Dapil V. Dengan jumlah segitu, PAN Sukoharjo bisa membentuk fraksi sendiri di DPRD Sukoharjo.

“Berdasarkan hasil penghitungan suara KPU Sukoharjo, suara PAN kini menyusut dua kursi. Ini harus diterima para kader partai,” kata Ketua DPD PAN Sukoharjo, Sunoto, Sabtu (2/3/2024).

Ia memperkirakan kursi legislatif yang diraih PAN disumbang di Dapil 1, 3, dan 4. Dapil 1 disumbang oleh caleg pendatang baru, Yonior Wahyu Aprisa, yang meraih 5.276 suara. Dapil 3 disumbang caleg petahana asal Kartasura, Sunoto, yang meraih 2.974 suara dan Dapil 4 disumbang oleh caleg potensial asal Desa Manang, Gorgol, Sumadi, dengan raihan 7.705 suara.

Ada dua caleg petahana PAN yang tumbang yakni Narno Raharjo di Dapil 2 dan Agus Winarno di Dapil V. Sementara anggota DPRD dari PAN, Heri Purwanto, tidak mau maju lagi sebagai caleg dalam pemilu.

“Hasil Pemilu 2024 ini bakal menjadi bagian dari evaluasi partai. Agar bisa lebih maksimal pada kontestasi politik selanjutnya, termasuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo,” ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Sukoharjo, Narno Raharjo, mengatakan dirinya tak lolos ke parlemen. Di Dapil 2, sebenarnya Narno mengantongi suara cukup banyak, yakni 4.099 suara. Namun, jika penghitungan suara menggunakan metode Sainte Lague, jumlah suara yang diperoleh tak mampu mengamankan satu kursi legislatif.

Narno tak memungkiri pertarungan antarcaleg dalam Pemilu 2024 lebih sengit dibanding lima tahun lalu. Terlebih, banyak bermunculan figur-figur potensial dari kalangan anak muda yang bergerak masif untuk menarik simpati masyarakat selama masa kampanye pemilu.

“Saya sendiri gagal meraih kursi legislatif. Ya harus siap menang dan siap kalah dalm kompetisi. Sekarang PAN Sukoharjo hanya tinggal tiga kursi di parlemen,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya