SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Sukoharjo dari Partai Gerindra, Eko Saptono Purnomo. (Istimewa/Facebook)

Solopos.com, SUKOHARJO – Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di Sukoharjo sudah rampung. Tiga caleg DPRD Sukoharjo yang meraih suara terbanyak akhirnya diketahui.

Posisi terbatas di antara top 3 itu ada nama caleg petahana asal Partai Gerindra, Eko Sapto Purnomo. Perolehan suara pria yang lebih akan disapa Sapto itu ditempel ketat dua caleg senior asal PDIP, Nurjayanto dan Wawan Pribadi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketiga caleg petahana itu meraih suara di atas 10.000 dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Eko dan Wawan Pribadi merupakan unsur pimpinan di DPRD Sukoharjo. Sapto saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, sedangkan Wawan Pribadi menjabat Ketua DPRD Sukoharjo.

Sementara Nurjayanto merupakan eks Ketua DPRD Sukoharjo yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Sukoharjo.

Sapto maju sebagai caleg Partai Gerindra di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 meliputi Kecamatan Mojolaban dan Polokarto. Ia meraih suara terbanyak yakni 13.684 suara. Perolehan suara Sapto berselisih 704 suara dengan Nurjayanto, caleg petahana asal PDIP yang meraih 12.980 suara. Nurjayanto menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Sukoharjo, Nguter, dan Bendosari.

Sedangkan, Wawan Pribadi yang juga caleg petahana asal PDIP meraih 10.122 suara. Wawan berkompetisi di Dapil 3 meliputi Kecamatan Kartasura, Gatak, dan Baki.

Menanggapi hasil Pemilu 2024, Sapto berterima kasih kepada relawan dan masyarakat. “Ini kerja keras semuanya, termasuk relawan dan masyarakat akar rumput. Mereka bekerja all out untuk menarik simpati masyarakat saat masa kampanye pemilu. Alhamdulillah, suara saya tertinggi. Ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap saya,” katanya saat ditemui wartawan di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (2/3/2024).

Sapto menyampaikan selain meraih suara tertinggi, ia juga berhasil mewujudkan target partai meraih dua kursi legislatif di Dapil 5. 

Selain Sapto, ada caleg pendatang baru atau new comer yang meraih satu kursi di parlemen, yakni Wawan Budi Setianto yang meraih 4.147 suara. “Suara saya tidak terlalu tinggi, tidak masalah. Yang penting target mengamankan dua kursi legislatif terealisasi. Ini sebenarnya target saya,” ujar Wawan Budi.

Pengurus dan kader Partai Gerindra segera melakukan konsolidasi untuk mengevaluasi hasil Pemilu 2024 untuk jadi rujukan menatap Pilkada Sukoharjo. “Kami melihat konstelasi politik dulu, seperti apa alurnya. Siapa saja figur-figur potensial yang berniat maju sebagai calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup). Harapan kami, cabup-cawabup dari kader internal partai.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya