SOLOPOS.COM - Gedung DPRD Sukoharjo di Mandan. (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO — Selain PDIP, dua partai politik (parpol) berpotensi menambah satu kursi di DPRD Sukoharjo. Kedua parpol itu yakni, Partai Golkar dan Partai Gerindra yang masing-masing diperkirakan meraih enam kursi legislatif.

Komposisi parpol di DPRD Sukoharjo tak berbeda jauh dibanding Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Saat it, PDIP Sukoharjo masih mendominasi di lima daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Jamu. Partai berlambang banteng moncong putih itu meraih suara terbanyak saat kontestasi politik lima tahun lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Disusul Partai Golkar dan Partai Gerindra yang sama-sama meraih lima kursi. Kini, Partai Golkar dan Partai Gerindra berpotensi menambah satu kursi di parlemen.

Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Sardjono, mengatakan tambahan satu kursi itu buah dari perjuangan kader partai yang all out. “Pada Pemilu 2019, masing-masing dapil menyumbang satu kursi legislatif. Nah, ada potensi tambahan satu kursi lagi di dapil I, yakni dua kursi,” ujar dia, Jumat (1/3/2024).

Sarjono menyampaikan calon anggota legislatif (caleg) yang diprediksi lolos ke parlemen yakni Agus Sumantri dan Machmud Lutfi Huzain dari Dapil 1. Agus Sumantri merupakan caleg petahana, sedangkan Mahmud merupakan caleg pendatang baru.

Kemudian, Wisanggeni Indra Aji Kusuma berpotensi lolos ke parlemen dari Dapil 2. Wisanggeni merupakan putra almarhum mantan Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, Giyarto. Di Dapil 3, caleg petahana Budi Santoso diperkirakan tumbang digantikan Glorry Himawan.

Sementara di Dapil 4, Jaka Wuryanta kembali diperkirakan menyegel satu kursi. Di Dapil 5, Sardjono juga masih digdaya dengan mengumpulkan suara terbanyak di internal partai. “Kemungkinan ada satu caleg petahana yang tidak lolos parlemen di Dapil 3, digantikan caleg pendatang baru,” ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Eko Sapto Purnomo, mengatakan partainya diperkirakan meraih enam kursi legislatif. Pada Pemilu 2019 hanya dapat lima kursi dari masing-masing dapil.

Komposisi kursi legislatif dari Partai Gerindra pada Pemilu 2024 berbeda dibandingsebelumnya. Dua caleg berpotensi lolos ke parlemen di Dapil 5 dan Dapil 3. Sementara Dapil 1 dan Dapil 4 masing-masing menyumbang satu kursi.

“Insyaallah kursi Partai Gerindra menjadi enam kursi. Namun, kami masih menunggu pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Sukoharjo,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya