SOLOPOS.COM - Machmud Lutfi Huzain, S. T. (Istimewa).

Solopos.com, SUKOHARJO– Calon anggota legislatif (caleg) peraih suara terbanyak di internal Partai Golkar, Machmud Lutfi Huzain, santer dikabarkan menjadi figur potensial calon bupati/calon wakil bupati (cabup-cawabup) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024.

Pengusaha muda yang menekuni bisnis mikroalga ini memiliki modal kuat sebagai calon pemimpin masa depan di Kabupaten Jamu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Machmud merupakan salah satu caleg rising star di Sukoharjo, terutama di daerah pemilihan (dapil) 1 meliputi Kecamatan Sukoharjo, Bendosari, dan Nguter.

Pada Pemilu 2024, warga Desa Kepuh, Kecamatan Nguter ini mampu mendulang 7.840 suara. Perolehan suara Machmud mengungguli koleganya di Partai Golkar yang merupakan caleg petahana, Agus Sumantri yang meraih 6.965 suara.

Figur pemimpin muda melekat di sosok Machmud yang memiliki segudang pengalaman bisnis dan jiwa leadership. Kaliber kepemimpinan anak muda dibutuhkan untuk mewakili generasi muda di Tanah Air.

Sosok Machmud dilirik oleh pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sukoharjo menyongsong hajatan politik terbesar di Sukoharjo.

“Ada beberapa nama figur potensial anak muda dalam penjaringan cabup-cawabup di internal partai. Sedikitnya ada tiga figur milenial yang memiliki peluang menjadi calon pemimpin masa depan di Sukoharjo,” kata Ketua DPD PSI Sukoharjo, Farid Muhananto, Senin (4/3/2024).

Meski tak meraih kursi di parlemen dalam Pemilu 2024, PSI Sukoharjo berani memunculkan figur potensial dalam Pilkada Sukoharjo.

Farid menyebut tiga fgur potensial anak muda dalam bursa cabup-cawabup, yakni caleg Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, Eko Sapto Purnomo; caleg PDIP di dapil 3, Danur Sri Wardhana, dan caleg dari Partai Golkar di dapil 1, Machmud Lutfi Huzain.

Bursa cabup-cawabup dari kalangan milenial itu mengerucut ke Machmud yang dinilai memiliki kriteria sebagai representasi anak muda yang mendunia.

“Kriterianya seperti pengalaman politik, melek digital, dan inovasi. Nah, Mas Machmud ini mengembangkan bisnis mikroalga menjadi suplemen yang menjadi makanan para astronaut,” ujar dia.

Farid menyampaikan pengurus PSI Sukoharjo bakal menggelar rembuk rakyat untuk memantapkan figur potensial yang akan didukung dalam Pilkada Sukoharjo.

Salah satu pertimbangan mengangkat sosok milenial lantaran bonus demografi pemilih yang didominasi kalangan anak muda.

Sementara Ketua DPW PSI Jawa Tengah, Antonius Yogo Prabowo mengatakan sesuai mekanisme partai, pengurus PSI tingkat daerah diberi wewenang penuh untuk menentukan figur yang didukung dalam pilkada serentak.

Pengurus DPP PSI hanya memberikan rekomendasi atas usulan pengurus PSI di daerah.

Yoga, sapaan akrabnya menyampaikan kondolidasi kader partai itu sekaligus penguatan stuktur di tingkat kecamatan di Kabupaten Jamu.

“Saya berharap PSI Sukoharjo mampu meraih kursi legislatif dalam Pemilu 2029. Seperti di Solo, perolehan suara dalam pemilu naik signifikan sekitar 500 persen,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya