SOLOPOS.COM - Warga duduk lesehan di Jl Slamet Riyadi Solo, tepatnya Simpang Empat Ngarsapura, sambil menikmati panggung hiburan musik Pop Jawa menjelang detik-detik pergantian tahun 2022 ke 2023, Sabtu (31/12/2022) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melarang kegiatan berbau politik saat penyelenggaraan car free night (CFN) di Jalan Slamet Riyadi pada Minggu (31/12/2023) mulai pukul 21.00 WIB hingga Senin (1/1/2024) pukul 01.00 WIB. Larangan kegiatan berbau politik itu sesuai Perda No 10/2022 tentang Penyelenggaraan Perhubungan.

Hal serupa juga diberlakukan saat event car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi Solo yang digelar setiap Minggu pagi. Kegiatan berbau politik dan suku, agama dan ras di hari bebas kendaraan bermotor dilarang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dilarang melakukan kegiatan yang berbau politik saat event CFN pada malam pergantian tahun. Hal ini sudah diatur dalam Perda,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, Sabtu (30/12/2023).

Menurut Ari, Pasal 112 Ayat (4) perda tersebut menyebutkan hari bebas kendaraan bermotor diperuntukkan bagi kegiatan olahraga, budaya, sosial, dan ekonomi. Sementara Ayat (5) menjelaskan setiap orang yang akan memanfaatkan lokasi tertentu pada kawasan hari bebas kendaraan bermotor untuk kegiatan harus mendapatkan izin dari dinas.

Ayat (6) menyebutkan setiap orang dilarang melaksanakan kegiatan yang berbau politik, suku, agama dan ras di hari bebas kendaraan bermotor. “Termasuk di event CFN saat malam pergantian tahun juga dilarang melakukan kegiatan berbau politik,” ujar dia.

Event CFN di sepanjang Jalan Slamet Riyadi menjadi agenda paling ditunggu masyarakat Solo saat detik-detik malam pergantian tahun. Pesta kembang api bakal dilakukan di sekitar Balai Kota Solo. Petugas bakal melakukan sterilisasi ruas jalan mulai pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Aryo Widyandoko mengatakan ada 13 titik hiburan di area CFN untuk memeriahkan malam pergantian tahun. Beberapa panggung hiburan disiapkan di sejumlah lokasi di area CFN.

Selain itu, ada penampilan seru kelompok seni dan budaya yang akan menyedot perhatian pengunjung CFN. “Ada delapan panggung hiburan dan lima street performance di area CFN. Kami berharap masyarakat bisa merayakan malam pergantian tahun dengan tertib dan aman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya